Sukacita Idul Adha di Rutan Kota Agung, Wisuda 35 Santri Hingga Berbagi Daging Kurban

Sukacita Idul Adha di Rutan Kota Agung,  Wisuda 35 Santri Hingga Berbagi Daging Kurban

Petugas Rutan Kota Agung membagikan daging hewan kurban yang disembelih di Rutan Kota Agung dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, Senin 17 Juni 2024.Foto Ist--

 

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah dirayakan dengan penuh sukacita oleh seluruh umat muslim di dunia. Tidak terkecuali para warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang saat ini menjalani pidana di rumah tahanan negara (Rutan) Kelas II B Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 tersebut yang di Indonesia jatuh pada Senin 17 Juni 2024,Kepala Rutan Kota Agung Benny M Saefulloh menginisiasi sejumlah kegiatan, diantaranya Pesantren Tematik Warga Binaan hingga pelaksanaan Sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

"Menyambut Idul Adha, kami melakukan pembinaan penyembelihan hewan kurban dan berantas buta huruf Al-Quran terhadap warga binaan melalui pesantren tematik selama 3 bulan lamanya sejak bulan April lalu dengan menggandeng Ustadz Tusrizal dari Kemenag Kabupaten Tanggamus,"kata Benny.

Dilanjutkan Benny, ada 35 WBP yang menjadi santri yang dinyatakan lulus dalam ujian pembinaan penyembelihan hewan kurban.Dari 35 santri yang lulus itu, dua diantaranya mendapat penghargaan sebagai santri terbaik program Pesantren Tematik periode triwulan dua tahun 2024.

"Ke 35 santri Program Pesantren Tematik langsung melakukan praktek usai melaksanakan Sholat Ied bersama jajaran petugas rutan.Tercatat, 1 ekor sapi dan 7 ekor kambing disembelih sebagai kurban dalam perayaan Idul Adha di Rutan Kota Agung,"ujarnya.

Dijelaskan Karutan, petugas Rutan Kota Agung dan para santri bahu-membahu memotong dan mengolah daging kurban. 

"Kita didistribusikan utamanya untuk saudara-saudara kita warga binaan, sisanya kami sisihkan untuk berbagi dengan panti asuhan dan masyarakat sekitar rutan,"pungkas Benny.(*)

Sumber: