Pj Bupati Tanggamus Dr.Ir.Mulyadi Irsan,M.T, Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila

Pj Bupati Tanggamus Dr.Ir.Mulyadi Irsan,M.T, Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024, Selasa 1 Oktober 2024. Foto Diskominfo Tanggamus--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pemkab Tanggamus menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila yang digelar pada Selasa,1 Oktober 2024 di lapangan upacara Pemkab setempat.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB itu dipimpin oleh Pj Bupati Tanggamus Dr Ir,Mulyadi Irsan,M.T dan dihadiri Ketua DPRD Tanggamus Sementara Didik Setiawan,S.Pt,Kepala Kejari Tanggamus Dr.Adi Fakhruddin,S.H,M.H,M.A,Wakapolres Tanggamus Kompol Made Silpa Yudiawan,S.IK.

Lalu, Komandan Kodim 0424/Tgms yang diwakili Pasi Ops Kodim 0424/Tgms Kapten Inf.Ryo Antomi,para Asisten,staf ahli dan jajaran kepala OPD di Lingkungan Pemkab Tanggamus, Ketua TP PKK Tanggamus drg.Hellen Veranica dan Ketua GOW Tanggamus.

Upacara ini juga diikuti peleton TNI Kodim 0424/Tgms, peleton anggota Polres Tanggamus, serta gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Tanggamus.

BACA JUGA:Pj Bupati Tanggamus Launching Aplikasi Sipades 3.0

BACA JUGA:Pj Bupati Tanggamus Hadiri Deklarasi Pilkada Damai dan Netralitas ASN,TNI/Polri

Upacara Kesaktian Pancasila tersebut berlangsung dengan khidmat sebagai bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai luhur Pancasila dan komitmen untuk menjaga ideologi negara.

Pj Bupati Tanggamus,Mulyadi Irsan menyampaikan bahwa Pancasila adalah satu-satunya ideologi yang harus dijaga dan dilestarikan.Ia juga menegaskan pentingnya persatuan nasional dan peran Pancasila dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Hari Kesaktian Pancasila sendiri diperingati sebagai pengingat atas perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan ideologi Pancasila dari berbagai ancaman,termasuk pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) melalui Gerakan 30 September PKI (G30S PKI). 

Peristiwa tersebut mengakibatkan gugurnya sejumlah anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang mempertahankan Pancasila dari rongrongan ideologi komunis.

Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 telah dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memastikan bahwa peringatan ini berjalan khidmat di seluruh Indonesia

Sementara,Wakapolres Tanggamus, Kompol Made Silpa Yudiawan yang mewakili Kapolres AKBP Rivanda menyampaikan bahwa upacara Kesaktian Pancasila bukan hanya peringatan seremonial,tetapi juga menjadi momentum refleksi penting bagi seluruh elemen masyarakat untuk terus mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan ini juga diharapkan dapat mempererat sinergi antara aparat penegak hukum,pemerintah, dan masyarakat dalam menjaga keamanan serta ketertiban di wilayah Kabupaten Tanggamus

Sumber: