151 Pekon Terima DD Tahap I

151 Pekon Terima DD Tahap I

KOTAAGUNG--151 pekon yang tersebar di 19 kecamatan di Kabupaten Tanggamus telah menerima alokasi dana desa (DD) tahap I sebesar 40 persen dari jumlah anggaran DD yang diterima pada tahun ini.

Analis Keuangan Pusat dan Daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tanggamus Nurkholik menerangkan, dari 20 kecamatan hanya pekon di Kecamatan Gunung Alip yang belum menerima realisasi DD tahap I. Sementara pekon di kecamatan lainnya telah menerima realisasi DD yang totalnya mencapai 151 pekon.

\"Hingga per tanggal 23 Februari kemarin jumlah pekon yang telah menerim DD sejumlah 151 pekon, sementara pekon di Kecamatan Gunung Alip belum ada yang menerima hal ini kemungkinan karena beberapa persyaratan yang belum lengkap,\"kata Nurkholik, Selasa (28/2)

Nurkholik menerangkan, adapun rincian pekon yang telah menerima DD yakni Wonosobo 27 pekon, Talang Padang 20 pekon, Pugung 20 pekon, Talang Padang 20 pekon, Cukuh Balak 13; Pematang Sawa 11 ; Bandar Negeri Semoung 10;Bulok dua pekon, Gisting satu pekon;Kelumbayan Induk tujuh pekon, Kotaagung Pusat tiga pekon. Lalu Kotaagung Barat enam pekon Limau dua pekon Pulau Panggung dan Semaka masing masing delapan pekon, Sumberejo sembilan dan Ulubelu dua pekon.

\"Sementara untuk Kecamatan Kelumbayan Barat lima pekon da satu Pekon di Kotaagung Timur, nota dinas telah kita sampaikan akan tetapi DD belum ditransfer, hal ini tinggal menunggu waktu saja,\"terangnya. 

Iya menjelaskan, bahwa direalisasikannya DD tahap I. Pekon harus melampirkan sejumlah persyaratan, yakni peraturan desa; peraturan kakon penerima bantuan langsung tunai (BLT), surat keputusan badan hippunan pemekonan (BHP), lalu SK evaluasi dari kecamatan. 

\"Untuk Blt DD ada syarat lain yang harus dilampirkan, sehingga bisa disalurkan, sejatinya bersamaan dengan melampirkan syarat DD akan tetapi jika salah satu yang lengkap misalnya DD itu dahulu yang kita sampaikan, BLT DD menyusul, karena untuk anggarannya juga terpisah, yang kesemuanya ditransfer ke rekening pekon, oleh pusat,\"tandasnya. (iqb)

Sumber: