Gerindra Segera Proses Pengganti Alm. Hardiyus

Gerindra Segera Proses Pengganti Alm. Hardiyus

Partai Gerindra/Foto Net--

KOTAAGUNG, RADARTANGGAMUS.CO.ID — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Tanggamus saat ini tengah berduka. Pasalnya kader terbaik sekaligus anggota DPRD Tanggamus Fraksi Gerindra telah berpulang ke Rahmatullah yaitu Hi.Hardiyus, Jumat 24 Maret lalu, lantaran sakit.
 
Dengan meninggalnya Hardiyus tersebut, membuat jumlah anggota dewan dari Partai Gerindra berkurang.
 
Sehingga dalam waktu dekat DPC Gerindra Tanggamus akan memproses pengganti antar waktu (PAW) dari Hardiyus.
 
Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Tanggamus, Hajin M.Umar mengungkapkan bahwa, partainya segera memproses PAW dari Hardiyus.
 
" Sebelumnya partai mengucapkan duka yang mendalam atas berpulangnya saudara kami Hardiyus, beliau orangnya baik dan menjadi panutan bagi teman-teman anggota dewan lain. Dengan berpulangnya almarhum kami sangat kehilangan, tapi kesedihan itu tidak boleh berlarut-larut, partai akan segera memproses PAW-nya," kata Hajin yang ditemui saat rapat paripurna di gedung DPRD Tanggamus, Kamis lalu.
 
 
Menurut Hajin perlu dilakukannya PAW, agar jumlah anggota Fraksi Partai Gerindra di DPRD Tanggamus kembali lengkap.
 
"Tadinya kami kan empat orang, yang tersebar di masing-masing komisi. Sekarang tinggal tiga orang, ini tentu berpengaruh pada kekuatan politik di parlemen,"sebut Hajin.
 
Dijelaskan Hajin bahwa untuk pengganti dari Hardiyus nantinya Derry Ardiansyah yang berasal dari satu dapil yaitu dapil V Kecamatan Pugung dan Talangpadang.
 
"Penggantinya saudara Derry Ardiansyah yang perolehan suaranya tepat dibawah Hardiyus,"terang Hajin.
 
Masih kata Hajin bahwa proses PAW diawali adanya surat rekomendasi dari partai beserta adminitrasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), dari KPU ke DPRD Tanggamus kemudian ke bupati selanjutnya ke gubernur baru ke DPRD lagi.
 
"Harapan kami,  proses PAW ini tidak memakan waktu terlalu lama sebab waktunya sudah mepet. Dan agar di Fraksi Partai Gerindra ini tidak pincang, yang tadinya empat orang sekarang tinggal tiga orang,"pungkas Hajin.
 
Sementara, Komisioner KPU Tanggamus, Habibi mengatakan bahwa, pengganti dari Hardiyus nantinya adalah suara terbanyak setelah almarhum Hardiyus.
 
"Calon penggantinya adalah nomor berikutnya dari yang akan di PAW. KPU dalam hal ini hanya memverifikasi calon PAW berikutnya, untuk disampaikan ke pimpinan DPRD," kata Habibi.
 
Namun Habibi mengakui, bahwa sampai saat ini KPU Tanggamus belum menerima surat dari DPC Partai Gerindra Tanggamus.
 
"Nanti saya coba cek ke sekretariat ya, apakah sudah masuk suratnya. Kalau sudah masuk biasanya langsung ke kami,"katanya.(ral)

Sumber: