545 Jamah Calhaj Ikut Pelatihan Manasik

545 Jamah Calhaj Ikut Pelatihan Manasik

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani berjabat tangan dengan peserta calon jamaah haji, disela pelatihan manasik haji, di Islamic Center, Kecamatan Kotaagung, Rabu (11/5) Jumlah Calhaj yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini berjumlah 545 orang. Foto Dis--

KOTAAGUNG--Sebanyak 545 calon jamaah haji (Calhaj) Kabupaten Tanggamus mengikuti pembinaan manasik haji yang digelar Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanggamus .Kegiatan yang berlangsung di Islamic Center Kotaagung, Rabu (11/5) itu dibuka oleh Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani

Bupati, menyampaikan atas nama pemerintah daerah menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan pembinaan haji yang bertemakan "Haji Ramah Lansia" itu. Bupato berharap pelaksanaan manasik dapat berlangsung dengan baik serta lancar dan bermanfaat bagi para peserta manasik.

"Pelaksanaan manasik haji tahun ini diikuti 545 orang, manasik ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada jamaah calon haji, terkait dengan tahapan tahapan ibadah haji yang baik dan benar sesuai dengan tim pembimbing haji,"kata Bupati.

Bunda Dewi berharap, para peserta calhaj dapat dapat menyimak penyampaian materi dengan baik, dimana menurutnya manasik merupakan gladi resik atas pelaksanaan haji, adapun materi dalam manasik ialah kebijakan pemerintah RI dan Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umroh, kebijakan pemerintah terhadap jamaah haji lansia dan kebijakan pemerintah tentang pelayanan kesehatan haji, serta alur perjalanan ibadah haji.

"Bunda juga menyampaikan selamat kepada seluruh jamaah calon haji Tanggamus, yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima itu, sudah sepantasnya kita bersyukur, karena masih ada saudara kita yang belum mendapat kesempatan atau menunda keberangkatan karena berbagai hal, maka dari persiapkan fisik da mental,"terangnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Tanggamus Dr. Hi. Mahmudin Aris Rayusman menerangkan, kegiatan manasik tingkat kabupaten berlangsung dua hari yakni 10 hingga 11 Mei 2023. Sementara untuk tingkat kecamatan delapan hari yakni dari 5 Mei lalu sampai 12 Mei 2023.

"Jumlah jamaah haji Tanggamus 545, dan kemungkinan ada penambahan. Untuk jamaah calhaj yang sudah melunasi 496 jamaah, mudah mudahan jamaah calhaj kita berangkat dan pulang menunaikan ibadah haji dengan selamat sesuai dengan yang kita harapkan,"tandasnya.

Hadir kepala Kanwil Lampung yang diwakili analis kebijakan Kanwil Kemenag Lampung H. Akhir Wiwit Sudiono; Kapten Juliani ABRI mewakili Dandim 0424; Asisten III Jhonson Vannis; Kepala OPD; Kabag Kesra, Camat Rois Syariah KH. A. Wahid Zamas, tokoh agama, tim pemandu haji Indonesi dan peserta manasik haji. (iqb)

Sumber: