7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Foto Ilustrasi Net--

Ketombe menjadi salah satu maslah yang sering dialami oleh sebagian banyak orang. Meski tidak membahayakan kesehatan, namun ketombe bisa menganggu penampilan dan bikin kita kurang percaya diri. Ada berbagai cara menghilangkan ketombe yang bisa kita lakukan,

Berikut 7 cara menghilangkan ketombe secara alami :

 

1. Jeruk nipis

 

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang mampu menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Caranya : siapkan air perasan jeruk nipis yang sudah dicampur dengan air secukupnya. 

Kemudian oleskan pada kulit kepala secara merata.

Lalu tunggu beberapa saat hingga meresap sekitar 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Gunakan 1-2 kali dalam seminggu.

 

2. Lemon 

 

Cara menghilangkan ketombe alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon.

Lemon juga kaya akan vitamin C yang mampu mengatasi permasalahan ketombe.

Zat asam pada lemon dapat membantu menyeimbangkan pH kulit kepala, serta membantu menjaga sel kulit mati tidak berlebihan.

 

Caranya :  campurkan air lemon yang sudah diperas, lalu oleskan pada kulit kepala, pijat kepala secara perlahan menggunakan ujung-ujung jari selama 5-10 menit.

Kemudian bilas dengan air. Gunakan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

 

3. Minyak Kemiri

 

Minyak kemiri selain efektif merangsang pertumbuhan rambut dan menebalkan rambut, ternyata juga dapat membantu menghilangkan ketombe. 

Caranya : hanya dengan oleskan minyak kemiri secara merata pada rambut. Diamkan selama 30 menit, kemudian keramas seperti biasa. Gunakan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

 

4. Cuka apel

 

Kandungan asam pada cuka apel dipercaya dapat membantu menstimulasi pelepasan sel kulit mati pada kulit kepala.

Selain itu, beberapa penelitian kesehatan menyatakan bahwa cuka apel efektif menghilangkan ketombe karena pH-nya yang asam dapat membasmi jamur penyebab ketombe. 

Caranya : tuangkan 1-2 sendok makan cuka apel ke dalam wadah yang sudah berisikan sampo. Apabila, Anda masih mentolerir dengan bau cuka apel, tinggal campurkan dengan air biasa sebanyak 3-5 sendok. 

 

5. Lidah buaya

 

Lidah buaya dapat membantu membunuh jamur dan mengangkat sel-sel kulit mati penyebab ketombe.

Caranya : ambil gel dari daging lidah buaya lalu oleskan lidah buaya ke kulit kepala. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air. Gunakan 2 kali dalam seminggu.

 

6. Minyak Kelapa

 

Minyak kelapa mempunyai banyak kandungan gizi dan manfaat kesehatan. Salah satunya untuk kesehatan kulit, juga dapat mengatasi masalah ketombe.

Caranya : Pastikan rambut dan kulit kepala dalam keadaan kering lalu siapkan satu sendok makan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa tersebut secara merata pada kulit kepala sambil dipijat secara lembut dengan ujung jari. 

Diamkan selama 30 menit, lalu bilas sisa minyak pada kulit kepala dengan mencuci rambut seperti biasa. Gunakan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

 

7. Teh hijau

Teh hijau memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit kepala salah satunya adalah mengatasi ketombe. Caranya adalah ambil 2 kantong teh hijau masukkan ke dalam air panas sedikit saja. Tunggu sampai larut dan berubah warna sekitaran 20 menit. 

Setelah air teh hijau dingin, oleskan secara merata ke kulit kepala dan biarkan mengering selama 30 menit. Lalu, bilas rambut dengan lembut menggunakan air biasa. Cara ini bisa dilakukan di pagi hari saat mandi. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

Sumber: