Hadirkan MPP, Pemda Bisa Manfaatkan Gedung Lama

Hadirkan MPP, Pemda Bisa Manfaatkan Gedung Lama

MenpanRB , Abdullah Azwar Anas. Foto KemenpanRB.--

"Saya tadi selalu bertanya berapa yang dilayani per hari dan apa keluhan dari masyarakat terhadap pelayanannya. Ini untuk memastikan kehadiran MPP beserta birokrasi layanan yang hadir di dalamnya memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat," ungkap Menpan.

 

 

Menteri Anas menjelaskan bahwa saat ini Kementerian PANRB sedang mengembangkan MPP Digital sebagai ruang integrasi pelayanan berbasis elektronik. 

 

Adapun pilot project MPP Digital telah berjalan di 21 kabupaten dan kota. Menggunakan teknologi Face Recognition (FR), nantinya masyarakat tidak perlu berulang kali mengisi data diri saat mengakses pelayanan karena datanya sudah terekam.

 

 

Untuk menghadirkan MPP Digital, dibutuhkan keinginan dan komitmen yang kuat dari pemimpin daerah, serta perlu dilakukan perekaman digital dari seluruh masyarakatnya. 

 

 

"Saya rasa Pemerintah Kota Batu sudah bisa memulai MPP digital dimana untuk melakukan perekaman data masyarakatnya tidak terlalu banyak karena tersebar hanya di tiga kecamatan. Kalau ini bisa jalan di Kota Batu, saya rasa bagus ya karena akan ada akselerasi pelayanan publik,"pungkas mantan Bupati Banyuwangi itu.(*)

Sumber: