Peternak Laskar Ngarit Audiensi dengan Sekda Tanggamus dan Kepala Disnakbun, Ini yang Dibahas

Peternak Laskar Ngarit Audiensi dengan Sekda Tanggamus dan Kepala Disnakbun, Ini yang Dibahas

--

Menanggapi itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Tanggamus M. Dhani Riza mengatakan, di Kabupaten Tanggamus kedepanya tidak hanya bakal ada pertambahan kelompok tani saja, tetapi juga akan ada tambahan untuk kelompok peternak.

"Nantinya akan ada tambahan kelompok peternak se-Kabupaten Tanggamus bukan hanya pertanian saja," bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis mengatakan, peternakan di Kabupaten Tanggamus, baik itu sapi maupun kambing memang menjadi program prioritas pemerintah daerah. 

"Diharapkan kedepannya dapat menjadi potensi unggulan di sektor peternakan dan menjadi pemasok daging yang tertuang dalam 55 Aksi Bupati," kata Sekda.

BACA JUGA:Sekda Ingatkan ASN Dan Honorer Tidak Terlibat Narkoba. Jika Terbukti Pecat

Sekda juga mengapresiasi pokok-pokok pikiran atau ide yang digagas Laskar Ngarit menyatukan ternak kambing dalam satu Kelompok Peternak yang ada di Kabupaten Tanggamus.

"Ini akan kita tempuh dan kita lakukan percobaan untuk mengetahui mana hasilnya yang lebih baik dibandingkan berada dilokasi sebelah rumah Masyarakat yang berjumlah 1 sampai dengan 2 ekor, dikarenakan petugas Peternakan sangat terbatas," terangnya.

"Selanjutnya cara-cara seperti ini waktunya akan lebih efektif. Apabila cara menyatukan kelompok ternak menjadi satu dari pada masyarakat mempunyai masing-masing ternak 1 sampai dengan 3 ekor, maka kedepannya akan kita coba buatkan 1 Percontohan Gapoktan," tambahnya.

Selanjutnya, masih kata Sekda, mesin-mesin ManuFaktur limbah pertanian dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak untuk dapat menjadi kajian bagi teman-teman penyuluh.

Sekda juga berharap dengan adanya Laskar Ngarit ini diharapkan dapat menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi untuk pelatihan-pelatihan. Pasalnya, Perguruan Tinggi tersebut biasanya mempunyai Program kemasyarakatan. 

"Bila perlu mahasiswa peternakan yang sudah masuk semester akhir kita usulkan ditempatkan di Kabupaten Tanggamus, agar dapat melakukan pelatihan-pelatihan terhadap kelompok ternak yang ada di Kabupaten Tanggamus. Sehingga kedepannya Kabupaten Tanggamus dapat menjadi Kabupaten Swasembada Daging," ujar Sekda.

BACA JUGA:Sekda Tanggamus : Tenaga Honorer Sangat Dibutuhkan Pemkab Tanggamus

Pengukuhan Paguyuban Peternak Laskar Ngarit Rojo Koyo diagendakan pada 5 September 2023 mendatang, di Pekon Banjarmasin, Kecamatan Bulok.

Kemudian, dalam Audiensi itu, Sekda juga membeberkan terkait usulan P3K. Menurutnya, usulan untuk P3K tahun ini memang sudah ada formasinya. 

Sumber: