Krisis Signal, Warga Di Kecamatan Ini Harus Ke Pekon Tetangga Kalau Mau Nelfon

Krisis Signal, Warga Di Kecamatan Ini Harus Ke Pekon Tetangga Kalau Mau Nelfon

Warga di dua kecamatan ini krisis Signal. Foto ilustrasi/net--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Puluhan Pekon di Kecamatan Semaka dan Pematangsawa, Tanggamus belum ada jaringan telekomunikasi atau sinyal, sehingga masyarakat mengeluhkan sulitnya berkomunikasi.

"Susah sinyal disini walaupun ada juga lemah,"kata warga Pekon Tulung Asahan, Kecamatan Semaka Depri. 

Menurutnya, selama ini warga mengharapkan masuknya jaringan provider seluler masuk ke daerahnya, hal itu dikarenakan kondisi sinyal di pekon sangat lemah bahkan tidak ada sama sekali. 

"Pas masuk gerbang pekon ini baru ada sinyal itu juga ada tempat tertentu yang ada akses sinyal, ada yang di daerah dataran tinggi, di suatu tempat, dan bahkan di hutan," terangnya. 

Sementara itu warga lainnya Marwan Kepala mengaku, keberadaan  jaringan telekomunikasi sangat penting. 

Apalagi di jaman modern seperti ini, komunikasi melalui perangkat canggih sepertihandphone di butuhkan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, teman dan sanak saudara yang ada di luar.

"Susah sekali kita jika hendak menghubungi saudara, teman dan rekan kerja yang ada di luar daerah. Karena memang jaringan signal sendiri saja tidak ada," katanya.

Dikatakannya, belum adanya jaringan tersebut, terpaksa kita  harus menuju ke pekon lainnya agar bisa mendapatkan sinyal jaringan untuk berkomunikasi.

"Kalau kita mau nelpon kita harus ke pekon lain dulu seperti Pekon Karang Agung untuk mencari sinyal, karena kalau tidak maka kita tidak akan bisa berkomunikasi lewat Hp,"terangnya. 

Begitu juga didaerah Kecamatan Pematangsawa, seperti Pekon Karang Brak, Kaur Gading, Tampang Tua, Teluk Brak, Tirom dan pekon lainnya. 

Dimana selama ini masyarakat disana setiap akan komunikasi harus mencari daerah tertentu, namun bagi masyarakat yang tinggal didaerah pegunungan harus manjat pohon hanya untuk mendapatkan sinyal.

"Ya kalau mau nelpon harus manjat pohon karena diatas pohon itu yang ada sinyalnya,"kata, Umping warga Pekon Karang Brak. 

Ia melanjutkan, sangat berkeinginan jika provider berkeinginan masuk ke wilayahnya akan ada persiapan lahan untuk mendirikan tower itu.

Sumber: signal hp