Tingkatkan Minat Baca, Pertama Kalinya Pemkab Pringsewu Gelar Pemilihan Duta Baca

Tingkatkan Minat Baca, Pertama Kalinya Pemkab Pringsewu Gelar Pemilihan Duta Baca

Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten Pringsewu Menggelar Pemilihan Duta Baca. Foto ist--

Lanjut Hasan, Rendahnya budaya membaca dalam masyarakat menjadi tantangan berat bagi pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan termasuk salah satunya adalah sektor pendidikan.

Padahal pemerintah selalu berupaya mendukung percepatan dan pengembangan pembudayaan kegemaran membaca secara intensif, dengan melaksanakan berbagai kegiatan termasuk alokasi dana untuk pengadaan buku baik secara fisik maupun digital.

"Pembudayaan kegemaran membaca ini lebih mudah ditanamkan pada anak sedini mungkin dan berlanjut secara terus-menerus.

Untuk mewujudkan anak yang mempunyai kegemaran membaca, dapat ditumbuhkan dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya perpustakaan yang ada di perpustakaan sekolah, maupun perpustakaan umum lainnya, "kata dia. 

 

Oleh karena itu Hasan berharap Pemilihan Duta Baca Tingkat Kabupaten untuk yang pertama kalinya dengan sasaran Putra Putri daerah Pringsewu dari usia 16 – 20 tahun. Dengan tujuan menumbuh kembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk meningkatkan minat baca di masyarakat.

"Sehingga, melalui momentum Pemilihan Duta Baca tahun 2023 ini, saya berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu khususnya para Duta Baca Kabupaten Pringsewu untuk senantiasa secara terus menerus mengajak para pemuda-pemudi di Kabupaten Pringsewu membiasakan dan membudayakan membaca dan mengurangi penggunaan Gadget yang berlebihan, "harapnya.

 

Sementara itu, Kabid Perpustakaan, Pauzi mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Pringsewu, Yanwir mengatakan latar belakang kegiatan Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Pringsewu yang nantinya akan rutin dilaksanakan dua tahun sekali. 

"Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu Tahun 2023 ini dapat semakin menumbuhkan minat baca di masyarakat, " Harapnya. 

 

Lanjut Pauzi, Untuk tujuan kegiatan sebagai motivator peningkatan minat baca masyarakat, serta sebagai pengungkut kegiatan perpustakaan dalam mengkampanyekan gerakan gemar membaca.

Kemudian juga untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat melalui promosi kegemaran membaca.

Sehingganya, tercipta Duta Baca Kabupaten sebagai ikon sekaligus ujung tombak dalam kampanye budaya membaca harus berpean aktif untuk membantu meningkatkan indeks literasi masyarakat Pegiat Literasi, dan Akademisi. 

"Bagi peserta Pemilihan Duta Baca Kabupaten Pringsewu Tahun 2023 yang meraih Juara I, II, dan III, akan meraih hadiah berupa piagam pemenang, piala, dan uang tunai, "pungkasnya.(*) 

Sumber: