8 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Salah Satunya Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

8 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Salah Satunya Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Foto Ilustrasi net/Lazada--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Daun pegagan merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak tumbuh di negara-negara Asia, termasuk juga  Indonesia. 

Meski sering dikenal dengan banyak manfaatnya bagi kesehatan kulit, daun pegagan ini juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat daun pegagan ini dipercaya sangat baik untuk kesehatan dan membuat tanaman ini banyak digunakan sebagai obat tradisional. 

Daun pegagan atau Centella asiatica merupakan tumbuhan yang biasanya tumbuh liar di tanah yang agak lembab, seperti persawahan, padang rumput.

Khasiat dari daun pegagan ini digunakan sebagai obat tradisional, lantaran daun pegagan ini memiliki kandungan yang mudah dicerna tubuh dan tingkat toksisitasnya yang rendah.

Bahan aktif tersebut adalah bahan baku obat tradisional sehingga bisa membuat daun pegagan ini dapat digunakan sebagai obat anti-pikun, anti-stres.

Serta obat lemah, saraf, demam, bronkitis, kencing manis, psikoneurosis, wasir, dan tekanan darah tinggi, hingga penambah nafsu makan, dan menjaga vitalitas. 

Daun pegagan ini juga banyak mengandung garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, fosfor, dan minyak atsiri, serta pektin, asam amino, vitamin B, dan zat pahit vellarine.

Beragam manfaat daun pegagan yuk kita simak khasiat dari daun pegagan untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan  kljuga  membantu memperbaiki sistem daya ingat terutama bagi mereka yang mengalami kemunduran fungsi otak.

Pasalnya, daun pegagan mengandung senyawa kandungan senyawa inilah yang dapat meningkatkan kesehatan otak, seperti asiaticoside dan asiatic acid.

Ekstrak dari  daun pegagan pada tikus bisa meningkatkan kognisi dan memperbaiki fungsi memori.

Selain itu juga beberapa manfaat daun pegagan untuk otak yaitu bisa meningkatkan IQ serta dpat meningkatkan kemampuan saraf memori.

Sumber: