Abdul Kholid Pemancing Yang Tenggelam Ditemukan Dalam Kondisi Meninggal Dunia

Sabtu 03-08-2024,21:47 WIB
Reporter : Rio Aldipo
Editor : Rio Aldipo

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Upaya Tim SAR gabungan mencari Abdul Kholid (67) pemancing yang hilang di perairan Pantai Kiluan Jaya Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus akhirnya membuahkan hasil.

Korban Abdul Kholid yang merupakan warga Dusun Kiluan Jaya Pekon Negeri Kelumbayan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus itu ditemukan di Pantai Batu Wuluh Tanggamus, Sabtu,3 Agustus 2024.

Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada koordinat 5°45'11.48"S-105° 4'30.74"E atau sekitar 2,5 Km dari lokasi kejadian.

Kepala Pos SAR Tanggamus Robi Rusli mengatakan dalam pencarian korban tenggelam tersebut di hari ke tiga pencarian Tim SAR membagi menjadi 4 tim search rescue unit (SRU).

BACA JUGA:Warga Pekon Negeri Kelumbayan Hilang Saat Memancing di Pantai Kiluan Jaya

BACA JUGA:Painah Korban Serangan Buaya Ditemukan Dalam Kondisi Tidak Utuh

Empat Tim SRU itu pembagiannya SRU 1 melakukan pencarian menggunakan perahu jukung nelayan kecil dengan searching area 4,2 NM arah barat laut dari lokasi kejadian. 

Lalu SRU 2, melakukan pencarian dengan menggunakan perahu jukung nelayan kecil dengan searching area 3,8 Nm arah barat daya dari lokasi kejadian.

Lalu,SRU 3 menggunakan perahu jukung besar nelayan melakukan pencarian dengan searching area 6 Nm arah barat daya dari lokasi kejadian.

Kemudian SRU 4 melaksanakan penyisiran sepanjang bibir pantai sejauh 3 Km arah selatan.

Hingga Sabtu siang masih nihil, pada pukul 15.50 WIB, Tim SAR Gabungan mendapat informasi bahwa ada sesosok mayat berjenis kelamin laki-laki di bibir Pantai Batu Wuluh. Lalu Tim SAR gabungan menuju ke lokasi via darat untuk memastikan identitas jenazah,"kata Robi, Sabtu malam.

Dilanjutkan Robi, setelah Tim SAR tiba di lokasi tim bersama pihak keluarga memastikan jenazah dan pihak keluarga menyatakan benar bahwa jenazah yang ditemukan adalah Abdul Kholid.

"Pihak keluarga menyakini bahwa jenazah yang ditemukan sama ciri-cirinya dengan Abdul Kholid.Selanjutnya korban dievakuasi menuju rumah duka,"ujar Robi.

Dengan telah ditemukannya korban tersebut,maka operasi SAR kata Robi, dinyatakan selesai. Dalam kesempatan tersebut ia juga mengucapkan terimakasih kepada unsur yang terlibat seperti Satpolairud Polda Lampung, Satpolairud Polres Tanggamus, Babinsa Koramil Cukuhbalak, Bhabinkamtibmas Polsek Limau dan personel TNI AL.

"Terimakasih juga disampaikan kepada aparat Kecamatan Kelumbayan dan puluhan nelayan Kelumbayan yang sudah membantu. Personel yang terlibat selanjutnya kembali ke satuan masing-masing,"pungkasnya.

Kategori :