Peringati Hari Batik Nasional, 1001 Prajurit TNI di Yogyakarta Membatik Pecahkan Rekor Muri

Peringati Hari Batik Nasional, 1001 Prajurit TNI di Yogyakarta Membatik Pecahkan Rekor Muri

--

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Sedikitnya 1001 prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) gabungan dari tiga matra, Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara membatik massal di Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta, Senin, 2 Oktober 2023.

 

Acara bertemakan Abhinaya Abyakta Batik Jogja 2nd Series 2023 ini terselenggara berkat kerjasama Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) , TNI, Komunitas Seniman, The Phoenix Hotel Yogyakarta, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

 

Dalam gelaran acara memperingati hari batik nasional ini, para prajurit TNI duduk berkelompok di tengah jalan protokol tersebut, dengan masing-masing kelompok membawa selembar kain putih berukuran 50x50 centimeter dengan motif burung Phoenix.

 

Setiap kelompok tersebut juga dibekali satu kompor dengan cairan malam diatas wajan kecil, dan masing-masing prajurit memegang canting.

 

Acara tersebut tercatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia atau Muri sebagai aktivitas rekor ke 11.264.

 

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Beny Suharsono saat membuka acara tersebut mengakui, event ini sangatlah istimewa, karena dilaksanakan bertepatan pada tanggal 2 Oktober 2023, dimana pada tanggal itu, Batik Indonesia ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi.

 

"UNESCO sudah mengakui DIY memiliki tiga warisan budaya tak benda, yakni keris, wayang, dan batik," ujar Beny disela acara.

 

Sumber: