Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Hadiri Pelepasan Ekspor Pisang Mas Ke Jepang

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Hadiri Pelepasan Ekspor Pisang Mas Ke Jepang

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan bersama Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto dan Kepala OJK Lampung Bambang Hermanto melihat komoditas Pisang Mas yang akan diekspor ke Jepang. Foto Diskominfotik Lampung--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pejabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menghadiri Business Matching Pembiayaan Klaster Petani Pisang Kabupaten Tanggamus sekaligus pelepasan ekspor pisang mas ke Jepang.

Kegiatan itu bertempat di Kelompok Tani Arjuna Dusun Sailing Pekon Sumber Mulyo, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Selasa 10 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto. Hadir dalam kesempatan itu jajaran Forkopimda Tanggamus,Kepala OJK Provinsi Lampung Bambang Hermanto, kepala OPD Pemkab Tanggamus,Direktur Corporate Affair Great Giant Foods Willy Soegiono Indra,camat Sumberejo serta kepala pekon se Kecamatan Sumberejo.

Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima atas partisipasi stakeholder dalam kegiatan tersebut.

BACA JUGA:Pisang Mas Tanggamus Tembus Pasar China

Sekdaprov yang juga Ketua Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Lampung menyebut,pemerintah memiliki tiga fungsi,yaitu melindungi,mensejahterakan, dan mencerdaskan masyarakat.

"Saya yakin ketiga-tiganya ada disini. Melindungi, kita berikan kepastian hukum adalah upaya kita untuk memberikan perlindungan, mesejahterakan dan mencerdaskan juga sudah pasti,karena kalau tanpa campur tangan kita bersama inovasi itu tidak akan ada,"ucap Fahrizal.

Dilanjutkan Fahrizal bahwa, beberapa tahun yang lalu, melakukan ekspor pisang ke luar negeri adalah sesuatu yang mustahil.

"Tapi setelah kita bangun kecerdasan bersama yang merupakan salah satu titisan dari Creating Shared Values maka ini bisa kita lakukan bersama,"imbuh sekdaprov.

BACA JUGA:Menperin Lepas Ekspor Pisang Mas Sumberejo

Sekdaprov dalam kesempatan tersebut juga menyatakan bahwa dengan pengeksporan pisang ke Jepang ini merupakan suatu hal yang patut dibanggakan dari sinergi dan kolaborasi antara masyarakat, pemerintah dan stakeholder.

"Kita harus bangga pisang itu bisa masuk ke Jepang. Ini sebetulnya harus kita rakyatkan sebagai suatu kemenangan bagi yang kita capai berkat kolaborasi dan sinergi kita yang dihadirkan disini," lanjut Fahrizal.

Lebih lanjut, hal ini bersinergi dengan filosofis 'Masyarakat Lampung Berjaya' dimana masyarakat akan berjaya apabila mereka memiliki kekuatan dan daya saing.

Kemudian untuk mewujudkan Masyarakat Lampung Berjaya,sekdaprov sangat mengapresiasi pembangunan masyarakat melalui Share Values yang dilaksanakan oleh Great Giant Foods

Sumber: