Ini 9 Manfaat Tanaman Gendola untuk Kesehatan Bisa Menurunkan Kolestrol Hingga Mencegah Kanker

Ini 9 Manfaat Tanaman Gendola untuk Kesehatan Bisa Menurunkan Kolestrol Hingga Mencegah Kanker

Foto Ilustrasi net/Lazada--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Gendola atau dikenal dengan nama Bayam Malabar merupakan salah satu jenis sayuran yang bergizi dan mudah ditanam. Sayuran ini bisa dengan mudah kita jumpai di wilayah Asia dan Afrika.

Sayuran sehat ini mempunyai banyak nama di berbagai wilayah di antaranya adalah Basella alba, bayam anggur, bayam panjat, dan bayam anggur merah.

Gendola sering disajikan dalam sup serta membantu mengentalkan tekstur pada makanan. Di beberapa daerah, tanaman ini juga digunakan dalam bahan pembuatan kari.

Selain dapat diolah menjadi hidangan lezat, gendola ini juga dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman tersebut terbukti mempunyai sejumlah antioksidan serta mengandung banyak vitamin dan mineral.

Gendola juga banyak mengandung vitamin C, vitamin A, kalsium dan, zat besi. Tanaman memiliki rendah kalori serta mempunyai jumlah protein yang cukup tinggi dan menjadi sumber serat larut yang bagus.

Berikut manfaat konsumsi tanaman gendola, dan berbagai nutrisinya. Yuk mari kita simak penjelasan berikut ini:

1. Mencegah Kanker

Manfaat tanaman gendola yang pertama adalah bisa mencegah kanker. Daun gendola atau Bayam Malabar ini kaya akan antioksidan.

Gendola dikenal sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan mencegah penyakit seperti kanker. 

Tanaman ini juga mengandung vitamin A, yang sudah terbukti berpotensi mencegah kanker paru-paru.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat tanaman gendola yang kedua adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Gendola ialah makanan yang sangat rendah kalori. Di dalam sekitar 19 kalori hanya ada 100 gram.Basella alba.

Selain itu, kandungan serat pada tanaman ini menjadikannya pilihan yang lebih baik dalam menurunkan berat badan. Kandungan Serat sudah terbukti memberikan perasaan kenyang saat dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Oleh sebab itu, mengonsumsi sayuran gendola tidak hanya menghasilkan asupan kalori yang lebih rendah, namun juga menjadi cara agar merasa lebih kenyang.

Sumber: