Ini Makanan Khas Tanggamus Yang Wajib Anda Cicipi. Dijamin Pasti Nagih

Ini Makanan Khas Tanggamus Yang Wajib Anda Cicipi. Dijamin Pasti Nagih

Ini makanan khas tanggamus. Dijamin pasti nagih terus. Foto net--

Contohnya sop ikan marlin yang khas dan terkenal. Bahannya ikan marlina di potong kecil- kecil dan daun saledri dan daun bawang potong- potong.

Numbunya: 20 biji marica, 5 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 3 cabe jawa, buah pala dan kayu manis  garam dan penyedap rasa. 

bumbu di haluskan rebus air dan ikan masuk kan bumbu dan daun saledri dan daun bawang tunggu sampai matang sop ikan marlin siap d hidang kan. 

Ikan nibung mempunyai tekstur daging yang lembut dan tidak berbau amis. Dipadukan dengan kuah sup yang segar serta gurih dipastikan jika sudah mencobanya akan membuat siapa saja tidak sabar untuk segera menyantapnya.

3, Lepot ketan

Lepot tapai berbahan dasar beras ketan yang dimasak dengan santan kelapa, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang atau daun aren, kemudian dikukus hingga matang. 

Biasanya masyarakat setempat menyantap lepot ketan dengan sambal ikan dan redang daging 

4. Otak-otak

Kuliner khas Tanggamus yang lainnya  didominasi oleh hidangan berbahan dasar ikan, salah satunya otak-otak. Teksturnya lembut dan kenyal yang dipadukan dengan cita rasa gurih yang nikmat.

Bahan nya: 500 ikan tenggiri, 6 buah es batu, 10 bawang merah, 10 bawang putih,150 gram santan ketal, 250 tepung sagu, 2 rayco kaldu ayam, gula, 3 batang daun bawang iris tipis-tipis, capur kan bahan jadi satu lalu bungis kecil- kecil dengan daun lalu bakar, siap di hidang kan.

Otak-otak adalah hidangan yang paling diburu oleh masyarakat Tanggamus terutama saat bulan Ramadan tiba. Biasanya otak-otak disantap bersama dengan cuka merah atau bumbu kacang. Rasanya mak nyus.

5. Sambol cubik

Sebenarnya sambol cubik sama seperti sambal pada umumnya, yaitu cabai, garam, terasi, dan bawang merah. Hanya saja jika sambol cubik ditambah dengan santan kelapa yang segar dan kental.

Biasanya sambal tersebut disajikan sebagai pelengkap saat menyantap ikan dan terong bakar. Rasa pedasnya dijamin nagih dan membuatmu ingin memakannya lagi dan lagi.

Nah, itulah beberapa jenis kuliner khas Tanggamus yang sayang jika anda lewatkan. Jika anda tidak percaya silahkan coba langsung. (*)

Sumber: