Ragam Manfaat Wedang Uwuh Khas Yogyakarta, Khasiatnya Ampuh Menurunkan Asam Urat

Ragam Manfaat Wedang Uwuh Khas Yogyakarta, Khasiatnya Ampuh Menurunkan Asam Urat

Foto Ilustrasi net/ Orami--

Kapulaga yang terkandung dalam wedang uwuh mempumyai cita rasa pedas manis yang khas serta aroma yang sangat kuat. Rempah-rempah ini mempunyai banyak manfaat luar yang biasa, termasuk untuk kesehatan pencernaan. 

Manfaat kapu laga tidak hanya itu saja. Sebab, kapulaga juga berfungsi sangat pentin dalam meningkatkan kesehatan mulut dan gigi, serta mengurangi peradangan, dan membantu dalam proses detoksifikasi tubuh.

4. Mengatasi Radang Tenggorokan

Tak hanya sekadar pemanis, bila anda konsumsi secara moderat, gula batu juga dapat membawa manfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah bisa membantu mengatasi radang tenggorokan. 

Menariknya lagi, gula batu juga bermanfaat juga sebagai sumber energi yang sehat, serta dapat menghilangkan bau napas alias menyegarkan pernapasan.

Gula batu juga bisa membantu mengatasi radang tenggorokan, rasa yang tidak terlalu manis juga membuat anda tidak mual ketika mengonsumsinya.

5. Mengandung Senyawa Antioksidan

Bahan jahe yang ada pada wedang uwuh mengandung senyawa antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Diantaranya antibakteri dan juga anti peradangan.

Oleh karena itu, jika anda secara rutin konsumsi wedang uwuh maka ini sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh.

6. Menurunkan Kadar Asam Urat

Satu lagi rempah yang bisa anda gunakan untuk pembuatan wedang uwuh ialah cengkeh. Cengkeh ini tidak hanya memberikan sensasi rasa dan aroma yang khas, namun cengkeh dapat memberikan manfaat lain.

Salah satu hal menarik dari cengkeh ialah dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Tak sampai disitu saja rempah yang satu ini juga sangat bermanfaat dalam meredakan batuk, mengatasi mual, serta meredakan sakit gigi. 

Cara Membuat Wedang Uwuh

Sumber: