Cegah Penularan Cacar Monyet di Kota Yogyakarta, Dinas Kesehatan Imbau Kenakan Masker

Cegah Penularan Cacar Monyet di Kota Yogyakarta, Dinas Kesehatan Imbau Kenakan Masker

--

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Maraknya penyakit cacar monyet atau Monkeypox ditemukan di beberapa lokasi di Indonesia, seperti Jakarta dan Banten, membuat semua pihak mulai mewaspadai penyakit menular tersebut.

 

Termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, mengingat Kota Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

 

Melalui Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, guna mengantisipasi penularan penyakit tersebut di Kota Gudeg ini, kepada wisatawan dan warga Kota Yogyakarta diimbau untuk tetap memakai masker dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

 

"Untuk mengantisipasi penularan cacar monyet di Kota Yogyakarta, kami mengimbau kepada wisatawan dan warga Kota Yogyakarta untuk memakai masker dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani, Sabtu, 4 November 2023.

 

Karena menurut Emma, penularan penyakit cacar monyet tersebut bisa melalui sentuhan dengan hewan atau orang yang terpapar, bicara face to face, pelukan, dan juga hubungan seks dengan banyak pasangan.

 

"Untuk itu, kalau ada benjolan dan luka kopeng bernanah segera periksa ke faskes terdekat," kata Emma.

 

Dia kembali menegaskan, untuk pencegahan, terutama bagi para wisatawan ataupun warga Kota Yogyakarta adalah bisa dengan tetap mengenakan masker.

 

Sumber: