Suhartoyo Terpilih Sebagai Ketua MK Gantikan Anwar Usman

Suhartoyo Terpilih Sebagai Ketua MK Gantikan Anwar Usman

Ketua Mahkamah Konstitusi RI Suhartoyo. Foto mkri.id--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Suhartoyo terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2023-2028 menggantikan Anwar Usman yang diberhentikan oleh Mahkamah Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) lantaran melanggar etik Hakim MK.

Terpilihnya Suhartoyo sebagai Ketua MK berdasarkan Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) yang berlangsung Kamis 9 November 2023.

"Menyepakati Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih adalah Yang Mulia Bapak Dr. Suhartoyo dan insya Allah Senin akan diambil sumpahnya di ruangan ini," kata Wakil Ketua MK Saldi Isra seperti dikutip dari Disway id.

Dalam musyawarah pemilihan itu dihadiri oleh seluruh Hakim MK yaitu Wahiduddin Adams, Manahan M. P. Sitompul, Suhartoyo, Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, Daniel Yusmic Pancastaki Foekh, M. Guntur Hamzah Arief Hidayat, termasuk  Anwar Usman juga hadir.

BACA JUGA:MKMK Berhentikan Ketua MK Anwar Usman

BACA JUGA:Tok, Tok,Tok !!MK Tolak Gugatan Batas Usia Capres-Cawapres

Menurut Saldi Isra, dengan terpilihnya Suhartoyo sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi masa jabatan 2023 hingga 2028 maka pelantikannya akan dilakukan pada Senin, 13 November.

Saldi Isra pun mengungkapkan, dirinya tetap menjadi Wakil Ketua MK dan berharap MK menapak pasti dalam melakukan pembenahan.

Saldi Isra berharap kedepannya Wakil dan Ketua MK menjadi Dwi tunggal dalam menjalankan seluruh tugas MK.

"Semua masalah yang akan dihadapi oleh MK bukanlah masalah yang dapat dikerjakan sendiri, dengan demikian para hakim MK akan terus bekerjasama dan saling memberikan dukungan untuk menyelesaikannya,”imbuh Saldi Isra

Selain itu, Suhartoyo juga mengungkapkan Mahkamah Konstitusi terbuka terhadap pendapat berbagai pihak.

“Kesanggupan dalam menerima sebagai Ketua MK itu datang karena adanya panggilan dan permintaan dari para hakim MK yang lainnya, sehingga kepercayaan tersebut merupakan tanggung jawab yang sangat besar,” papar Suhartoyo.(*)

Artikel Ini sudah lebih dulu tayang di Disway.id dengan judul: Suhartoyo Gantikan Posisi Anwar Usman Sebagai Ketua MK, Saldi Isra Tetap Menjadi Wakil

 

Sumber: