Tak Hanya Memanjakan Mata, Wisata Air Terjun Cileat, Curug Subang Ini, Juga Banyak Menyimpan Cerita Legendaris

Tak Hanya Memanjakan Mata, Wisata Air Terjun Cileat, Curug Subang Ini, Juga Banyak Menyimpan Cerita Legendaris

Wisata Air Terjun Terjun Cileat Curug Subang. Photo/Instagram.@zaenal_inst --

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Wisata air terjun Subang mempunyai daya tarik tersendiri, misalnya air terjun tertinggi di Kabupaten Subang yaitu Curug Cileat.  Pemandangan alam di air terjun ini begitu indah. Anda bisa melihat derasnya air yang turun dari ketinggian sekitar 100 meter.

Lokasi Air Terjun Cileat berada di tengah hutan di kaki Gunung Canggah.  Akibatnya akses jalan menuju lokasi ini masih sangat sulit untuk kendaraan roda empat maupun roda dua.

Untuk menuju lokasi Curug Cileat, Anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak.  

BACA JUGA:Tak Jauh dari Pusat Kota Bandar Lampung, Wisata Air Terjun Batu Putu Ini, Wajib Anda kunjungi

Tak hanya pemandangannya yang indah, destinasi wisata air terjun Subang ini juga menyimpan cerita-cerita legendaris yang berkembang di kalangan masyarakat.

Mengutip dari sejumlah tempat wisata, warga sekitar menyebutkan nama Cileat berasal dari bahasa Sunda yaitu tiporeat atau artinya jatuh.

Konon pada zaman dahulu kala, ada dua orang pangeran di Subang yang berlomba menuju laut.

BACA JUGA:Agrowisata Gunung Puncak Mas, Wisata Lengkap di Bogor Jawa Barat

Kemudian, dalam perjalanannya, salah satu pangeran terpeleset di Curug Cileat.  Hingga akhirnya kata tiporeat dijadikan nama air terjun tersebut.

Terletak di kaki Gunung Canggah, Kabupaten Subang, Curug Cileat menawarkan keindahan pepohonan rindang di tengah hutan.  Udara di air terjun ini sangat sejuk dan kondisi airnya masih terjaga dengan baik.

Air Terjun Cileat bisa Anda jadikan salah satu destinasi wisata Air Terjun Subang untuk menghilangkan stres.  Sebab, meski cukup populer di kalangan wisatawan, namun suasana di Curug Cileat masih asri dan sepi.

BACA JUGA:Air Terjun Girimanik, Wisata Hidden Gem di Wonogiri Jawa Tengah

Suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian akan membuat pikiran Anda lebih tenang.

Di sekitar air terjun juga terdapat formasi batuan yang menambah indahnya pemandangan Curug Cileat.  Selain itu, tanaman liar hidup mengapit air terjun ini dan bisa Anda jadikan background atau spot selfie.

Sumber: