36 Wartawan PWI Lampung Akan Ikuti UKW, Kerjasama PWI Pusat dan BUMN

36 Wartawan PWI Lampung Akan Ikuti UKW, Kerjasama PWI Pusat dan BUMN

Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun bersama Menteri BUMN Erick Thohir, kerjasama antara PWI Pusat dan BUMN gagas pelaksanaan uji kompetensi wartawan (UKW) salah satu PWI yang melaksanakan yakni PWI Lampung. Foto ist--

Tentu dukungan tersebut diberikan dengan harapan, bahwa pers khususnya wartawan dalam hal ini.

BACA JUGA:Penuhi Undangan Dialog PWI, Prabowo Subianto: Saya Orangnya Demokrasi dan Menjamin Kebebasan Pers

Mampu bekerja secara profesional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi jurnalis yakni, membaca dengan tajam, cermat, teliti dan berimbang, setiap fakta di lapangan tanpa ada yang disakiti maupun dilukai.

Menteri BUMN, Erick Thohir sebelumnya telah menyampaikan bahwa, program UKW gratis

merupakan bagian dan komitmen terhadap keterbukaan publik. 

Yakni, kewajiban pemerintah untuk memberikan akses yang cukup dan mudah bagi masyarakat untuk memperoleh informasi yang diperlukan. 

Pers sebagai pilar ke empat demokrasi memiliki peranan penting, menjadi mitra pemerintah dan industri lain, dalam mengabarkan atau melakukan koreksi yang membangun.

"Posisi media menjadi penting sebagai mitra pemerintah dalam memberikan edukasi dan membuat khalayak menjadi semakin terliterasi dengan baik," ujar Erick. 

Atas dasar itulah maka, Kementerian BUMN menganggap serius bahwa harus ikut serta terlibat dan memiliki peranan untuk kemajuan pers. Melalui dukungan penyelenggaraan UKW gratis di seluruh Indonesia, termasuk yang akan dilaksanakan di Provinsi Lampung.

Terpisah, Ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah mengapresiasi UKW gratis yang digelar PWI Pusat dan Kementerian BUMN.

Menurut Wira sapaan akrabnya, UKW menjadi salah satu faktor penting guna meningkatkan profesionalisme para jurnalis.

Terlebih dalam melaksanakan tugasnya sebagai wartawan harus dibekali dan memikirkan standar kompetensi yang memadai.  

Ia menambahkan bahwa program UKW gratis ini juga selaras dengan upaya PWI Lampung, dalam meningkatkan kapasitas para anggotanya. (*)

Sumber: