Viral, Harimau Sumatera Tertangkap Kamera Ponsel di Ruas Jalinbar Sanggi Bengkunat, Pesisir Barat

Viral, Harimau Sumatera Tertangkap Kamera Ponsel  di Ruas Jalinbar Sanggi Bengkunat, Pesisir Barat

Harimau Sumatera terekam kamera ponsel warga saat melintas di Jalinbar Sanggi Bengkunat Pemerihan Kabupaten Pesisir Barat. Foto tangkap layar--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Seekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) terekam kamera dari ponsel warga saat melintas di jalan lintas barat (Jalinbar) perbatasan Kabupaten Tanggamus dengan Kabupaten Pesisir Barat, Jumat malam 9 Februari 2024.

Video Harimau Sumatera yang menyeberang jalan itu kemudian viral di media sosial.

Perekam dalam video mengatakan bahwa Harimau tersebut berada di Kecamatan Sedayu, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

"Harimau Boy, Ini Harimau Sumatera asli,real, ini di kawasan. Merinding saya, arah Krui. Hati-hati ya bagi yang melintas di Sedayu,"ucap  perekam video.

BACA JUGA:Harimau Sumatera Memangsa Kambing Ternak Warga, BKSDA Segera Turun ke Sedayu

BACA JUGA:Geger! Harimau Sumatera Masuk ke Perkampungan Warga Pekon Sedayu dan Mangsa Ternak Kambing

Sementara, Humas BKSDA SKW III Bengkulu mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan mitigasi terkait dengan kemunculan Harimau Sumatera tersebut.

"Terkait dengan video yang beredar, tentunya BKSDA Bengkulu melalui SKW III Lampung akan melakukan mitigasi terkait dengan kemunculan Harimau tersebut," kata Irham saat dikonfirmasi melalui Whatsapp, Sabtu 10 Februari 2024.

Dikatakan Irham, setelah viralnya video tersebut, pihaknya segera melakukan koordinasi dengan pihak Resort Pemerihan Balai Besar Taman Nasional Bukit Barusan Selatan (TNBBS) Kabupaten Pesisir Barat. 

"Kami sudah mengkonfirmasi sumber video tersebut, melalui Kepala Resort Pemerihan BBTNBBS, bahwa lokasi bukan di Sedayu seperti narasi yang ada dalam video,"ungkap dia.

Dalam koordinasi tersebut,kata Irham, kemunculan Harimau Sumatera tepatnya berada di Jalinbar Sanggi Bengkunat Pemerihan Kabupaten Pesisir Barat. 

Dirinya mengaku, hingga saat ini pihaknya masih menunggu perkembangan dari tim yang berada di lapangan. 

Sementara,Kepala Bidang Perlindungan dan Konservasi Hutan, Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Lampung Zulhaidir, mengatakan bahwa Harimau Sumatera tersebut memang habitat asli dari TNBBS.

"Itu sebenarnya bukan ranah kami, melainkan TNBBS, tapi memang betul itu Harimau Sumatera habitatnya di wilayah TNBBS,"kata Zulhaidir.

Sumber: