Jaga Netralitas, KPPS di TPS Khusus Lapas Kota Agung, Tanggamus Kenakan Pakaian Adat

Jaga Netralitas, KPPS di TPS Khusus Lapas Kota Agung, Tanggamus Kenakan Pakaian Adat

Petugas KPPS di TPS Khusus Lapas Kota Agung mengenakan pakaian adat. Foto Rio Aldipo--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Ada yang berbeda di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Pasalnya seluruh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 901 dan TPS 902 menggunakan pakaian adat.

Berdasarkan pantauan di TPS khusus Lapas Kota Agung,petugas KPPS menggunakan beragam pakaian adat dari beberapa daerah yang ada di Indonesia, mulai dari adat Jawa, suku Badui, pakaian adat Jawa Timur, suku Dayak Kalimantan dan pakaian adat Nusantara Tenggara Timur (NTT)

Kalapas Kelas II B Kota Agung,Andi Gunawan mengatakan,penggunaan pakaian adat ini untuk menjaga netralitas Aparatus Sipil Negara (ASN) dalam gelaran Pemilu 2024.

BACA JUGA:Ada 453 Pemilih di Lapas Kota Agung

BACA JUGA:Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dan Istri Memilih di TPS 023 Kuripan Kota Agung

Dengan menggunakan pakaian adat ini, ASN di Lapas Kelas IIB Kota Agung yang menjadi petugas KPPS netral dalam Pemilu 2024.

"Untuk yang menggunakan pakaian adat ini petugas Lapas yang menjadi anggota KPPS," ucap Andi Gunawan, Rabu (14/2/2024). 

Andi juga menjelaskan, petugas Lapas yang tidak menjadi anggota KPPS tetap menggunakan seragam PDL. 

Kendati demikian, petugas Lapas yang tidak terlibat menjadi anggota KPPS bertugas untuk menjaga keamanan selama pemilih 2024.

BACA JUGA:TPS 01 Gunung Sari, Ulubelu, TPS 'Wah' Ala Hajatan Perkawinan

Andi mengungkapkan, penggunaan pakaian adat ini bertujuan agar petugas Lapas Kota Agung lebih mencintai negara.

Penggunaan pakaian adat di TPS Khusus Lapas Kota Agung mendapat apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Provinsi Lampung,Dr. Sorta Delima Lumban Tobing,S.H,M.Si.

"Ya, saya rasa bagus ya, penggunaan pakaian adat ini oleh petugas KPPS. Tidak ada arahan khusus, ini ide dari Kalapas Kota Agung,kalau di UPT lain yang saya datangi pakai kemeja putih dan celana dasar hitam,"kata Sorta yang ditemui usai meninjau Lapas Kota Agung, Rabu siang 14 Februari 2024.

Sumber: