Tim Penilai LSS-UKS/M Provinsi Lampung Lakukan Penilaian di SMPN 1 Gisting Tanggamus

Tim Penilai LSS-UKS/M Provinsi Lampung Lakukan Penilaian di SMPN 1 Gisting Tanggamus

Tim Penilai LSS-UKS/M tingkat Provinsi Lampung mengunjungi SMPN 1 Gisting, Tanggamus, Senin 5 Agustus 2024. Foto Diskominfo --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat-Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (LSS-UKS/M) Tingkat Provinsi Lampung mengunjungi SMPN 1 Gisting, Kabupaten Tanggamus, Senin 5 Agustus 2024.

Kedatangan tim dari Provinsi Lampung itu untuk melakukan penilaian terhadap SMPN 1 Gisting yang menjadi perwakilan Kabupaten Tanggamus dalam LSS-UKS/M tingkat SMP tahun 2024.

Kedatangan,Tim Penilai yang dipimpin Dasrani itu disambut Asisten Bidang Ekobang Setdakab Tanggamus Hendra Wijaya Mega mewakili Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan,Kepala Disdik Tanggamus,Yadi Mulyadi,Camat Gisting Purwanti, jajaran kepala pekon di Kecamatan Gisting dan Kepala SMPN 1 Gisting,Heri Nurdin.

Ketua Tim Penilai LSS-UKS/M, tingkat SMP, Dasrani mewakili Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Lampung,Yulia Mega Ria mengatakan bahwa lomba sekolah sehat dalam rangka pembinaan dan mengevaluasi program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M)

BACA JUGA:Kader Posyandu Bidan Desa Hingga Kakon Keroyokan Cegah Stunting di Tanggamus

BACA JUGA:Tingkatkan Pelayanan KBKR Melalui Kolobarasi Antar Instansi

"LSS-UKS/M ini untuk mengevaluasi sejauh mana pembinaan dan apa yang telah dilakukan dalam program UKS/M. Apakah terlaksana dengan baik sehingga bermanfaat terhadap anak didik dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan sebagai aksi nyata gerakan sekolah sehat di Provinsi Lampung,"ujar Dasrani.

Dilanjutkan Dasrani bahwa komitmen yang tinggi dalam UKS/M diwujudkan melalui visi UKS/M yaitu, Anak Didik Sehat,Cerdas,Berkualitas dan Berakhlak Mulia.

Visi tersebut dijabarkan dalam dua misi yaitu mewujudkan peningkatan derajat kesehatan anak didik melalui pengembangan peran serta masyarakat sekolah dan masyarakat di sekitar sekolah, serta peningkatan kualitas anak didik untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.

"Selanjutnya beberapa sasaran Program UKS/M yang menjadi target program, yakni ke depan antara lain peningkatan strata UKS/M mulai dari strata minimal strata standar dan menjadi strata optimal dan strata paripurna,"ujar Dasrani.

"Diharapkan seluruh anak didik atau siswa memperoleh jaminan kesehatan yang bekerjasama dengan pelayanan kesehatan terdekat,"tambah Dasrani.

Sementara,Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan, Setdakab Tanggamus, Hendra Wijaya Mega, mewakili Pj. Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan mengapresiasi positif atas terselenggaranya penilaian LSS-UKS/M di SMPN 1 Gisting Tanggamus.

Menurut Hendra, UKS/M sebagai suatu upaya meningkatkan mutu pendidikan sekaligus derajat kesehatan khususnya di lingkungan sekolah.

"Usaha kesehatan sekolah ini sangat penting karena tidak hanya bermanfaat bagi siswa saja.Namun perilaku hidup sehat tersebut dapat dibudayakan hingga ke lingkungan keluarga,"kata Hendra.

Sumber: