Inilah Program unggulan Kepala Diskominfo Pringsewu "SAHABAT ODS"

Inilah Program unggulan Kepala Diskominfo Pringsewu

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pringsewu Moudy Ary Nazolla, S.STP., M.H--

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.CO.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pringsewu meluncurkan SAHABAT ODS (Sistem Analisis Data yang Handal, Akurat, Berkualitas, Aman dan Terintegrasi melalui portal Open Data Sektoral). SAHABAT ODS merupakan program unggulan dalam rangka meningkatkan transparansi dan aksesibilitas informasi publik melalui pengelolaan data sektoral terbuka.

 

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pringsewu Moudy Ary Nazolla, S.STP., M.H. menjelaskan SAHABAT ODS merupakan langkah strategis untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi yang relevan dan akurat mengenai berbagai sektor. 

 

"Melalui SAHABAT ODS, diharapkan dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah," ujar Moudy Ary Nazolla, Sabtu (19/10/2024).

 

SAHABAT ODS, kata Moudy, merupakan platform digital yang memungkinkan masyarakat dapat mengakses data dari berbagai sektor, termasuk pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Agar dapat berjalan optimal, kedepan akan diadakan pelatihan dan sosialisasi mengenai SAHABAT ODS ini sehingga masyarakat semakin paham akan pentingnya keterbukaan data.

 

"Peluncuran program ini diharapkan dapat menjadi titik awal bagi pengembangan daerah yang lebih transparan dan berbasis data, serta mendorong kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam menciptakan solusi inovatif guna menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi. Peran penting Portal Open Data Sektoral yang lain tentunya dapat berfungsi sebagai rujukan Pemerintah dalam pengambilan kebijakan yang berbasis data, sehingga kebijakan yang diambil efektif dan tepat sasaran," katanya. (*)

Sumber: