Kelumbayan Jadi Kecamatan Penyuplai Kedelai Tertinggi, Berikut Jumlah Produksinya Per Hektar

Kelumbayan Jadi Kecamatan Penyuplai Kedelai Tertinggi, Berikut Jumlah Produksinya Per Hektar

Mentan Syahrul Yasin Limpo didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan serta Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Bupati Tanggamus menanam kedelai di Pekon Banjarmasin, kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus, Lampung belum lama ini. Foto Hanibal Batman--

Lalu disusul Kecamatan Bulok dengan luas lahan panen 122,00 hektar, produksi mencapai 152 ton, dengan produktivitas 1,24 ton setiap hektarnya.

 

Tempat keempat Kecamatan Cukuh Balak, dengan luas lahan panen 40 hektar, produksi 50 ton dengan produktivitas 1,24.

BACA JUGA:Siapkan 20 Ha Lahan Untuk Bibit Kedelai Berkualitas

Kecamatan Airnaningan diposisi kelima, menjadi penyuplai kedelai di Kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama ini, dimana kecamatan itu memiliki luas lahan panen 29 hektar, dengan jumlah produksi mencapai 36 ton, produktivitas 1,26 ton per hektare.

 

Urutan keenam kecamatan yang memiliki luas lahan, serta produksi dan produktivitas kedelai, di tempati oleh  Kecamatan Bandar Negeri Semuong, kecamatan yang diapit oleh Kecamatan Wonosobo dan Semaka ini menyuplai kedelai mencapai 25 ton setiap produksinya di tahun 2019, dengan jumlah lahan panen 20 hektar, total produktivitas mencapai 1,24.

 

Urutan ke tujuh, yaitu Kecamatan Kotaagung Agung, ambil bagian penyuplai tanaman yang menjadi bahan baku dari tempe, tahu dan kecap ini. Luas lahan panen kedelai di kecamatan yang memiliki jumlah 12 pekon (desa) ini hanya 15 hektare saja, dengan total produksi 19 ton, produktivitas 1,26.

 

Lalu diurutan selanjutnya, Kecamatan Wonosobo, dengan luas lahan panen 11 hektare, jumlah produksi kedelai yang dihasilkan 14 ton, dengan produktivitas 1,25.

 

Lalu di urutan ke sembilan Kecamatan Pulau Panggung dengan luas lahan panen delapan hektar, produksi 10 ton dan produktivitas 1,26 perton, per hektare lahan. 

 

Kecamatan Talang Padang dan Ulubelu menempati posisi berikutnya, dimana untuk kecamatan Talang Padang jumlah produksi enam ton dari jumlah luas lahan panen berjumlah lima hektar. 

Sumber: