Banjir Bandang Di Kecamatan Semaka Tanggamus Lampung. Ini Penyebabnya.

Banjir Bandang Di Kecamatan Semaka  Tanggamus Lampung. Ini Penyebabnya.

Bersihkan sisa banjir: BPBD Tanggamus bersihkan sedimentasi akibat banjir bandang yang terjadi di kecamatan Semaka. Foto BPBD--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Selain intensitas hujan yang cukup deras. Beberapa faktor ini penyebab meluapnya air hingg menyebabkan banjir bandang di Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus Lampung.

 

Berdasarkan Keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus Lampung. Faktor faktor tersebut yakni.

 

1. Intensitas hujan yang turun cukup deras dengan waktu lama. Membuat sungai Way Semaka yang melintasi beberapa pekon di kecamatan setempat meluap.

 

Belum lagi beberapa anak sungai di wilayah itu juga tak mampu menahan debit air. Di Kecamatan Semaka sendiri diketahui memiliki anak sungai, anak sungai itu juga melintasi beberapa pekon.

 

Anak anak sungai tersebut seperti, sungai kacapura, sungai pekon way kerap, sungai Sedayu, serta Pekon Pardawaras.

 

2. Sedimentasi, sedimentasi atau pendangkalan sungai juga menjadi salah satu faktor penyebab meluapnya sungai ke pemukiman penduduk. Sedimentasi terjadi di semua sungai di wilayah Semaka. 

 

Kendati telah beberapa kali, dilakukan upaya normalisasi akan tetapi sedimentasi terus terjadi, lantaran material baik batu tanah maupun pasir yang terbawa oleh air. 

Sumber: