Banjir Bandang Di Kecamatan Semaka Tanggamus Lampung. Ini Penyebabnya.

Banjir Bandang Di Kecamatan Semaka  Tanggamus Lampung. Ini Penyebabnya.

Bersihkan sisa banjir: BPBD Tanggamus bersihkan sedimentasi akibat banjir bandang yang terjadi di kecamatan Semaka. Foto BPBD--

 

Sedimentasi juga terjadi di beberapa sungai dan anak sungai di wilayah kecamatan lainnya di Kabupaten Tanggamus Lampung. Seperti sungai di Kecamatan Bandarnegeri Semuong, atau lebih dikenal Way Semuong.

 

Lalu Sungai Way Belu, di Kecamatan Kotaagung Barat yang melintasi pekon beberapa pekon seperti Pekon Belu, Banjarmasin, dan Pekon Negara Batin.

 

3. Banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Semaka juga diakibatkan oleh, terbawanya material seperti kayu serta bebatuan, dari taman nasional bukit barisan Selatan (TBBBS) sehingga membuat sungai mengalami penyempitan.

 

Hingga sampai saat ini, berdasarkan keterangan dari BPBD Kabupaten Tanggamus, masih dilakukan upaya pembersihan material longsor di sepanjang jalan lintas barat.

 

Total ada 11 pekon/desa di kecamatan Semaka menurut keterangan BPBD setempat yang terdampak banjir, pekon itu ialah pekon Tulung Asahan, Srikaton, Pardawaras, Way Kerap, Sedayu, Sukaraja, Bangunrejo, Kanoman, Kacapura, Sukajaya, dan Tugupapak. (*)

 

 

 

 

 

Sumber: