Keuangan Pemda Tanggamus Lagi Sulit, Kasda Sering Kosong, Begini Penjelasan Sekda Tanggamus

Keuangan Pemda Tanggamus Lagi Sulit, Kasda Sering Kosong, Begini Penjelasan Sekda Tanggamus

Keuangan Pemda Tanggamus terhitung dari awal tahun 2023 sudah mengalami kesulitan,tukin PNS sering dan pembayaran pihak ketiga sering meninggal. Foto Rio Aldipo--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Kondisi keuangan Pemkab Tanggamus dalam beberapa bulan terakhir ini mengalami kesulitan.

 

Akibatnya sejumlah pembayaran pihak ketiga menjadi macet. Tak hanya pihak ketiga, untuk pembayaran tunjangan kinerja (Tukin) bagi ribuan pegawai negeri sipil (PNS) saja sudah dua bulan tidak terbayarkan yaitu tukin Juli dan Agustus.

 

Selain pembayaran tukin PNS, imbas kas daerah (Kasda) kosong juga dirasakan oleh para wakil rakyat yaitu anggota DPRD Tanggamus, bahkan ada anggota DPRD Tanggamus yang menyentil kosongnya kas daerah dengan pantun saat rapat paripurna yang digelar Jumat 1 September 2023.

 

Pantun dari anggota DPRD Tanggamus itu kemudian direspon bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani yang juga membalas dengan pantun.

BACA JUGA:Bupati Tanggamus Sampaikan Rancangan KUPA-PPAS APBD Perubahan 2023

Inti pantun dari bupati itu agar semua pihak sabar dengan kekosongan kas daerah Kabupaten Tanggamus.

 

Menanggapi kekosongan kas tersebut, Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis mengatakan bahwa kosongnya kasda bukan karena transfer pemerintah pusat yang macet tetapi ada perubahan mekanisme pencairan dari pemerintah pusat.

 

"Jadi memang pusat tidak macet, tetapi sumber pendapatan kita kan dari berbagai sumber, tidak hanya dari dana alokasi umum (DAU) saja tetapi ada dari dana bagi hasil (DBH) pusat dan provinsi. Untuk pengaturannya agak sulit karena kebutuhan belanja lebih besar dari pada transfer pusat,"kata Hamid Heriansyah Lubis yang ditemui usai rapat paripurna,Jumat 1 September 2023.

 

Sumber: