Satu Dusun di Talang Baru Kekurangan Air Bersih

Satu Dusun di Talang Baru Kekurangan Air Bersih

Ilustrasi Gambar--

SIDOMULYO, RADARTANGGAMUS.CO.ID – Puluhan rumah di Dusun Talang Ulu, Desa Talang Baru, Kecamatan SIDOMULYO kesulitan air selama musim kemarau.

Kepala Dusun IV Talang Ulu,  Fatman mengatakan, kekeringan ini sudah belangsung hampir selama satu bulan belakangan. Musim kemarau menyebabkan sumur di rumah warga mengering.

“Sudah hampir satu bulan ini warga kesulitan air bersih. Sebab sejak kemarau melanda sumur-sumur warga mengering, airnya makin hari makin menyusut,” kata Fatman kepada Radar Lamsel, Senin (4/9) kemarin.

Fatman mengungkapkan, pemukiman warga yang berada di atas perbukitan menyababkan Dusun Talang Ulu rentan terdampak kekeringan saat musim kemarau. Sebagian warga terpaksa mencari air ke dusun tetangga demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA:Prakerja Gelombang 61 Segera Dibuka,Simak Persyaratannya

"Di dusun ini lokasinya ada di atas, jadi kalau kemarau susah dapat air. Untuk mendapatkan air bersih warga harus ke dusun tetangga,” sambungnya.

Sementara itu Kepala Desa Talang Baru, Ahmadi menjelaskan, setidaknya ada sekitar 50 rumah yang terdampak kekeringan. Dusun Talang Ulu RT 2 memang kerap dilanda kekeringan  lantaran sulitnya mencari sumber mata iar.

“Di RT 2 ini memang sering dilanda kekeringan. Sebagian warga juga sudah beberapa kali membuat sumur  bor namun hasilnya nilih, air enggak keluar,” ungkapnya.

Ahmadi  mengaku, untuk mengatasi kesulitan air bersih Pemerintah Desa Talang Baru bekerjasama dengan Damkar Sidomulyo agar kebutuhan air warganya terpenuhi.

“Kita dari desa meminta bantuan Damkar untuk memenuhi kebutuhan air warga. Upaya ini sudah berjalan dua hari untuk membantu warga yang kekurangan air bersih,” pungkasnya. (*) 

Sumber: