Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Hadiri Pelepasan Ekspor Pisang Mas Ke Jepang

Rabu 11-10-2023,20:28 WIB
Reporter : Rio Aldipo
Editor : Rio Aldipo

Melalui kegiatan ini, Sekdaprov berharap hal ini dapat menjadi suatu upaya dalam membantu menyongsong Indonesia Emas 2045.

Sementara itu, Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan memandang bahwa forum ini memiliki peranan yang sangat penting strategis sebagai wahana koordinasi antar instansi dan stakeholder dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tanggamus.

"Kehadiran PT Great Giant Foods hari ini tentunya menjadi bukti nyata pentingnya keterlibatan swasta dengan investasi dalam upaya transformasi ekonomi yang lebih besar dengan menciptakan peluang bisnis baru yang menarik dan menguntungkan bagi kabupaten tanggamus,"ucapnya.

Menurut Mulyadi Irsan,meningkatkan nilai tambah komoditi pisang harus menjadi perhatian bersama, juga dengan para peneliti dan akademisi dalam mengembangkan industri dan hilirisasi komoditi pisang dengan menciptakan produk turunan.

"Penyaluran kredit yang dapat membantu dalam menggerakan inovasi ini diharapkan bukan hanya sekedar memberikan dana tetapi juga diikuti dengan pendampingan dan pelatihan kepada para petani. pemerintah daerah akan bekerjasama dengan lembaga terkait untuk memberikan edukasi mengenai teknik pertanian yang lebih baik,"ujar Pj Bupati Tanggamus

Selanjutnya, Kepala OJK Provinsi Lampung Bambang Hermanto menyampaikan bahwa OJK bersama dengan pemerintah daerah menginisiasi setiap daerah di seluruh Indonesia memiliki Tim Percepatan Asas Keuangan Daerah yang berfungsi untuk mendorong aksesibilitas terhadap layanan dan produk agar semakin lebih mudah dijangkau oleh masyarakat.

"Mohon nanti juga, Tanggamus ini bisa menghadirkan program-program yang memang ditujukan untuk memperluas akses keuangan kepada masyarakat. Kami juga sedang mendorong agar TPAKD di berbagai daerah Ini mengupayakan adanya dukungan pembiayaan khususnya pengembangan terhadap sektor-sektor unggulan di masing-masing daerah,"kata Bambang.

Ditempat yang sama, Direktur Corporate Affair Great Giant Foods Willy Soegiono Indra menyampaikan bahwa ekspor Pisang Mas yang dilakukan pada hari ini merupakan bukti bahwa petani sudah mempunyai kualitas yang bisa diekspor.

"Eksportir yang nggak main-main, bisa menembus kualitas di Jepang. Yang dalam kerjasama ini wajib ada pendampingan dari hulu sampai ke hilir untuk bisa ekspor. Kami mempunyai sertifikasi yang berstandar internasional yang mana hal ini akan sulit dicapai apabila hanya dikerjakan oleh petani itu sendiri,"ucapnya.(*)

Kategori :