El Nino Buat Perumda Tirta Jasa Kerja Ekstra

El Nino Buat Perumda Tirta Jasa Kerja Ekstra

Randi Pratama - Direktur Perumda Tirta Jasa Kabupaten Lampung Selatan, H. Rudi Apriadi KM, S.Sos.--

KALIANDA - Pelanggan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Jasa Kabupaten Lampung Selatan tak perlu khawatir kekurangan stok air. 

Meski kondisi kekeringan sedang melanda di beberapa wilayah, Perumda menyebut stok air yang mereka miliki masih aman. 

Direktur Perumda Tirta Jasa Kabupaten Lampung Selatan, H. Rudi Apriadi KM, S.Sos mengatakan serangan El Nino memang membuat stok air yang dimiliki menyusut. 

Namun, kata Rudi, hal itu masih bisa diatasi dengan catatan petugasnya harus bekerja lebih ekstra lagi. "Karena El Nino ini berkepanjangan, sumber air grativasi dari gunung kering total," ujarnya saat dihubungi Radar Lamsel, Minggu, 17 September 2023. 

Kondisi yang sedemikian rupa memaksa Perumda Tirta Jasa harus mutlak mengandalkan tenaga pompa. Konsekuensinya, lanjut Rudi, tagihan listrik jadi membengkak tuga kali lipat. Tapi pilihan itu tetap diambil karena BUMD ada dan hadir untuk melayani. 

"Semua sumber air gravitasi kering kerontang sehingga off. Normalnya biaya listrik kita di seluruh cabang unit se-Lampung Selatan sekitar Rp120 juta, sejak El Nino mendekati Rp300 juta," katanya. 

Rudi menjelaskan kondisi air di beberapa wilayah. Beruntung di wilayah Kecamatan Kalianda dan Kecamatan Natar masih terkendali. Sementara ini debit air yang telah menyusut lumayan tajam terjadi di Cabang Bakauheni, Unit Sidomulyo, Unit Jatiagung dan Unit Way Kandis. 

"Di cabang unit yang debitnya menyusut tersebut kita tetap melakukan pelayanan dengan sistem bergilir. Prinsipnya semua harus terlayani," katanya. 

Bahkan, Rudi melanjutkan, di Kecamatan Kalianda atas instruksi Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, Perumda Turta Jasa bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan masih bisa menyuplai ribuan liter untuk warga di titik-titik wilayah kekeringan. 

"Permintaan bantuan saty pintu lewat Damkar. Kami hanya menyiapkan airnya, kemudian Damkar yang mendistribusikan sesuai arahan Bapak Bupati," katanya. (*) 

Sumber: