“Azimat” Buat Kades: Desa Maju Jika Bersatu

“Azimat” Buat Kades: Desa Maju Jika Bersatu

Nyoman Subagio – Bupati Lamsel Nanang Ermanto melantik enam kades terpilih di Kecamatan Ketapang, dan Kecamatan Rajabasa, Rabu (20/9).--

KETAPANG, RADARTANGGAMUS.CO.ID – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, memberi semacam pegangan buat para kepala desa agar desa maju dan berkembang, “azimat” itu ialah persatuan.

Nanang menyampaikan itu di acara pelantikan kepala desa di Desa Canggung, Kecamatan Rajabasa, dan Kecamatan Ketapang pada Rabu, 20 September 2023. 

Sebagai sosok yang pernah menjabat kepala desa, Nanang paham betul dengan situasi dan kondisi yang dialami para kepala desa. Menurut Nanang, menjadi kepala desa bukanlah perkara yang gampang. Ada banyak hal yang harus dilakukan sekaligus dipertanggungjawabkan. 

"Karena itu perlu kebersamaan dan gotong royong untuk memajukan masyarakat dan desa," katanya. 

BACA JUGA:PT Paragon Perdana Mining Akui Tambang Zeolit di Cukuh Balak Belum Ada Manfaatnya untuk Masyarakat Sekitar

Dari tahun ke tahun, sebelum hingga sampai ke zaman saat ini, tugas pemerintah tergolong berat. Pemerintah daerah sampai ke pemerintah desa diminta memahami cara kerja teknologi digital supaya paham menggunakannya. Nanang berpesan kepala desa harus menggandeng anak-anak muda yang kompeten. 

"Tujuannya satu, agar pemerintah dengan pemuda khususnya masyarakat bisa bersama-sama membangun desa," katanya. 

Orang nomor satu di Lampung Selatan ini juga memberi saran kepada pemerintah desa. Supaya anak-anak muda yang sudah beres mengenyam bangku sekolah tinggi supaya mau bekerja di desa. Menurut Nanang, hal itu sebagai tanda pengabdian di daerah sendiri ketimbang merantau ke daerah lain. 

"Jadi, ilmu-ilmu yang sudah didapatkan diperguruan tinggi bisa dimanfaatkan di sini, di desa sendiri,” ujarnya. 

Mantan Kepala Desa Way Galih ini juga meminta kepala desa menjadi sosok penengah, sekaligus pemberi solusi. Dengan begitu, kehidupan di lingkungan masyarakat bisa menjadi rukun, aman, dan tentram. 

Tanpa adanya sebuah percikan yang menjadi sumber kegaduhan di lingkungan masyarakat. "Jadi Pak Kades ini tugasnya menjaga kondusifitas. Jangan sampai ada permusuhan, terkotak-kotak. Kolaborasi, kerjasama, persatuan dan kesatuan itu yang dibutuhkan,” ujarnya. 

Di hari yang sama, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto juga melantik enam kepala desa (Kades) di Kecamatan Ketapang.

Pelantikan Kades terpilih yakni, Kades Sidoluhur Zakariya, S.H, Kades Sripendowo Artaji, Kades Tamansari Sutrisno, Kades Sidoasih M. Ibrahim, Kades Pematangpasir Darto Wasono,S.Pd dan Kades Berundung H. Sultan.

Selain melantik para kepala desa terpilih, disaat bersamaan juga dilaksanakan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK dari enam desa tersebut. Yakni, Ny. Nanik Artaji sebagai Ketua TP-PKK Desa Sripendowo, Ny. Nurani Vidi Astuti Sutrisno sebagai Ketua TP-PKK Desa Tamansari, Ny. Riswati M. Ibrahim sebagai Ketua TP-PKK Desa Sidoasih, Ny. Sholihah Darto sebagai Ketua TP-PKK Desa Pematangpasir, Ny. Hj. Nurlia Sultan selaku Ketua TP-PKK Desa Berundung dan Ny. Suryati Zakaria sebagai Ketua TP-PKK Desa Sidoluhur.

Sumber: