PT Paragon Perdana Mining Akui Tambang Zeolit di Cukuh Balak Belum Ada Manfaatnya untuk Masyarakat Sekitar

PT Paragon Perdana Mining Akui Tambang Zeolit di Cukuh Balak Belum Ada Manfaatnya untuk Masyarakat Sekitar

PT Paragon Perdana Mining mengaku jika hingga saat ini keberadaan tambang zeolit belum dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Cukuh Balak karena belum ada hasil. Foto Ilustrasi/Pixabay--

RADARTANGGAMUS.CO.ID - PT Paragon Perdana Mining selaku pengelola tambang zeolit di Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus, mengakui jika hingga saat ini belum ada manfaat dari keberadaan tambang tersebut untuk masyarakat sekitar.

Humas PT Paragon Perdana Mining Sugiharto mengaku belum dirasakannya manfaat keberadaan tambang zeolit untuk masyarakat lantaran belum ada hasil dari pertambangan zeolit.

"Kita baru dapat sekitar 1 Kilo dan belum laku terjual, karena baru mulai beroperasi dan belum ada hasil. Jadi memang belum dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Sugiharto.

Sementara itu, keberadaan tambang zeolit di Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus, menuai kritik dari masyarakat setempat.

Pasalnya, masyarakat tidak merasakan manfaat dari adanya tambang tersebut.

Tambang tersebut justru dikelola oleh 'orang luar' yang diduga hanya mengeruk dan menghabiskan kekayaan alam di Kabupaten Tanggamus.

Selain itu, keberadaan tambang juga dinilai dapat merusak ekosistem lingkungan kedepanya.

Salah satu warga setempat yang enggan namanya dipublikasikan mengungkapkan bahwa selama ini tidak ada program CSR atau bantuan sosial dari perusahaan tambang tersebut ke masyarakat.

Anehnya lagi, pekerja tambang itu kebanyakan bukan warga setempat melainkan 'orang dari luar'.

"Kami sangat menolak adanya tambang ini, karena tidak ada manfaatnya sekali bagi masyarakat sekitar. Yang ada kekayaan alam di tempat kami habis dikeruk dan dinikmati orang luar," tegasnya.

Selain itu, pengerukan yang terus dilakukan bisa merusak ekosistem lingkungan karena akan meluas dan tentunya akan berdampak buruk ke masyarakat.

"Pastinya tambang ini bakal tambah meluas dan tentunya ekosistem lingkungan bakal rusak," ucapnya.

Untuk itu, ia berharap agar adanya tambang ini dapat ditinjau oleh pemerintah, karena tidak menguntungkan bagi masyarakat sekitar. 

"Nggak ada untungnya, pemerintah juga harus tegas, jangan biarkan kekayaan alam kita dikuasai dan dinikmati oleh orang-orang luar Kabupaten Tanggamus," tegasnya.

Sumber: