Ini 10 Manfaat Leunca untuk Kesehatan Bisa Atasi berbagai Penyakit Salah satunya Dapat Mencegah Hipertensi

Ini 10 Manfaat Leunca untuk Kesehatan Bisa Atasi berbagai Penyakit Salah satunya Dapat Mencegah Hipertensi

Foto Ilustrasi net/Lazada--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Leunca (Solanum Nigrum L) adalah tumbuhan dari suku terung-terungan (Solananceae) yang berasal dari Eropa dan Asia Barat, setelah itu menyebar ke Amerika, Autralia, Malaysia dan juga termasuk Indonesia.

 Leunca mempunyai nama lain Ranti (bahasa Jawa), bobose (ternate) dan black nightshade (Eropa). Tanaman Leunca ini bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 120 cm.

Tanaman Leunca mempumyai ciri-ciri batang yang tidak berkayu dan ditutupi bulu halus, begitu pula dengan daunnya.

Biasanya Leunca dijadikan sebagai lauk makanan pendamping ataupun teman makan nasi yang dipadukan dengan tauco ataupun oncom ditambah dengan cabai. 

BACA JUGA:6 Jenis Daun Liar Ternyata Bisa Dijadikan Sebagai Obat Kesehatan

Meskipun buah Leunca hanya berukuran kecil, tetapi Leunca mempunyai nilai gizi yang tinggi. buah ini juga memiliki kandungan nutrisi seperti Kalsium, Solasodin, Samak, saponin, Antropin, Diosgenin, Titogenun, Minyak Semak dan Zat Semak. 

Serta Zat-zat tersebut sangatlah berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Sehingga tidak heran jika Leunca menjadi favorit diantara penggemar dikarenakan selain bisa dijadikan sebagai salah satu sayur, Leunca juga memiliki banyak khasiat.

Di Indonesia, Leunca digunakan sebagai lalapan ataupun sayuran. Tetapi sebenarnya Leunca sudah digunakan sebagai obat-obatan sejak 2000 tahun yang lalu. Berikut  sejumlah manfaat konsumsi leunca.

1. Sebagai Anti Kanker

Kanker adalah penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang. Terkadang penyembuhannya pun membutuhkan waktu yang sangat lama. 

BACA JUGA:5 Khsiat daun Saga untuk Kesehatan Salah satunya Bisa Mengurangi Gula Darah

Nah, manfaat Leunca ini bisaa berguna sebagai pencegah kanker sebab leunca mempunyai sifat anti-kanker punyak kemampuan untuk mencegah dan menyembuhkan kanker.

Buah Leunca mengandung senyawa solasonine, solasodine, solamargine,serta solanine yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang tidak terkendali. 

Senyawa solasodine mempunyai efek untuk menghilangkan rasa sakit, menurunkan panas, anti radang dan anti shok. Senyawa Solamargine dan solasonine mempunyai efekk antibakteri,

Sumber: