Sosialisasi Pendidikan Pemilih,KPU Tanggamus Sasar Pemuda dan Komunitas

Sosialisasi Pendidikan Pemilih,KPU Tanggamus Sasar Pemuda dan Komunitas

KPU Tanggamus menggelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) yang melibatkan pemuda dan komunitas dengan jumlah peserta 100 orang, Selasa 27 Agustus di Hotel Royal Gisting. Foto dok KPU Tanggamus --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus kembali  mengelar sosialiasi pendidikan pemilih (Sosdiklih).Kali ini sasarannya adalah pemuda dan komunitas yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Sosialisasi yang berlangsung di Hotel Royal Gisting Kecamatan Gisting Kebupaten Tanggamus Selasa 27 Agustus 2024 itu dibuka oleh Ketua KPU Tanggamus Angga Lazuardy.

Sosialisasi tersebut juga dihadiri jajaran Komisioner KPU Tanggamus seperti Habibi,Zaimna, Sekretaris KPU Tanggamus Firdaus dan Komisioner Bawaslu Tanggamus Evi Saputra.

Adapun jumlah peserta yang hadir berjumlah 100 orang yang mewakili segment pemuda terdiri dari DPD KNPI Tanggamus,Karang Taruna dan Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Tanggamus.

BACA JUGA:Puluhan Ormas dan OKP di Pringsewu Ikuti Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pilkada 2024

BACA JUGA:Tingkatkan Partisipasi Pemilih,KPU Tanggamus Gelar Sosialisasi Libatkan 3 Segmen

Untuk komunitas yang jadi peserta antara lain komunitas mobil timor,sepeda,senam ceria, PSHT, Tapak Suci,komunitas kuliner, komunitas burung kicau, Aprelenita Art, PETA dan Pesona Tanggamus.

Adapun pemateri kegiatan sosialisasi terdiri dari Kasat Intelkam Polres Tanggamus Iptu Arbiyanto, Ires Kenutama perwakilan dari Seksi Intelijen Kejari Tanggamus, dan Komisioner KPU Tanggamus Divisi Sosdiklih Parmas,Amhani Sholihin.

Ketua KPU Tanggamus Angga Lazuardy dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pilkada menjadi tanggung jawab bersama tak terkecuali komunitas-komunitas yang ada di tengah masyarakat.

"Pilkada merupakan tanggung jawab kita bersama tak terkecuali komunitas-komunitas masyarakat, sebagai bagian dari pemilih yang juga akan menentukan nasib Kabupaten Tanggamus 5 tahun ke depan,"ujar Angga.

Lebih lanjut, Angga menjelaskan bahwa sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang tahapan, program, dan jadwal pemilihan, serta mendorong kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam menggunakan hak pilih mereka.

“Kami ingin membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil untuk terlibat dalam agenda pemilihan dan proses demokratisasi,”pungkasnya.

Sementara, Divisi Sosdiklih Parmas, KPU Tanggamus Amhani Sholihin dalam penyampaiannya kepada peserta sosialisasi mengatakan bahwa pilkada memberikan kesempatan bagi setiap warga negara yang telah memenuhi syarat untuk berpartisipasi menggunakan hak politiknya.

"Pemilu dan pemilihan menjadi sarana terjaminnya pergantian kepemimpinan dalam pemerintahan di pusat serta daerah dan perwakilan politik rakyat di parlemen secara konstitusional  regular 5 tahun sekali dan damai,"kata Amhani.

Sumber: