Dua Pamen Kemenhan RI Kunjungi Rumah Wakil Panglima Penggitokh Alam Tanggamus

Dua Pamen Kemenhan RI Kunjungi Rumah Wakil Panglima Penggitokh Alam Tanggamus

Pamen Kementerian Pertahanan RI, Kolonel Laode Abd Malik mengunjungi kediaman Wakil Panglima Penggitokh Alam Tanggamus, Mirza YB, Senin 15 September 2024. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Dua perwira menengah (Pamen) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI melakukan kunjungan silahtuhrahmi ke kediaman Wakil Panglima Penggitokh Alam Tanggamus,Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung, Mirza YB, di Pekon Negara Batin,Kecamatan Kota Agung Barat,Senin 16 September 2024.

Dua Pamen Kemenhan tersebut yakni Peneliti Madya Puslitbang Sumdahan Balitbang Kemenhan, Kolonel Arm Laode Abd Malik W dan Kasubbag SSA Bid SDAB Puslitbang Kemhan RI Letkol Ckh Hendra Gunawan.

Kedatangan dua Pamen Kemenhan RI tersebut disambut Mirza YB yang juga merupakan Ketua DPC Apdesi Tanggamus dengan tata cara adat.

Kolonel Laode Abd Malik mengatakan bahwa kunjungannya ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan untuk lebih mendalami kearifan lokal di wilayah Tanggamus.

BACA JUGA:Pj Bupati Tanggamus Apresiasi Festival Seni Budaya Yang Digelar Museum Kekhatuan Semaka

BACA JUGA:Ketua Apdesi Tanggamus Mirza YB Terima Kunjungan Silahturahmi Intelijen Kejari Tanggamus

Laode juga menyatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan kesempatan untuk mengenal lebih dalam budaya dan adat istiadat setempat.

"Kami hadir di sini sebagai bagian dari silaturahmi keluarga dan merasa sangat terhormat menerima sambutan yang luar biasa dari keluarga besar di sini. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas jamuan yang diberikan,"ucap Laode Abd Malik.

Dalam kesempatan tersebut, Laode Abd Malik mengaku terkesan terhadap budaya dan kearifan lokal yang ia temui di kediaman Wakil Panglima Penggitokh Alam Tanggamus. 

Menurutnya, pelestarian budaya lokal sangat penting agar generasi mendatang tidak melupakan identitas adat yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

"Alhamdulillah, kesan saya sangat positif. Kearifan lokal ini harus terus dipertahankan dan dilestarikan agar generasi muda kita tetap mengenal dan menghargai adat istiadat yang merupakan warisan leluhur,"imbuh Laode Abd Malik.

Sementara, Wakil Panglima Penggitokh Alam Tanggamus, Mirza YB, menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan silaturahmi tersebut. 

Mirza berharap, hubungan baik ini dapat terus terjalin dan semakin mempererat persaudaraan antara kedua pihak.

Kunjungan silahtuhrahmi itu diharapkan dapat semakin memperkuat hubungan antara Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak dengan pihak Kemenhan RI serta memperkuat pelestarian budaya lokal di wilayah Lampung.

Sumber: