7 Manfaat Mengkomsumsi Tape Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Mengkomsumsi Tape Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Foto Tape Singkong, Instagram @hijosfarm--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Tape Singkong ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Selain memiliki cita rasa khas, kandungan nutrisi di dalamnya yang diketahui baik untuk daya tahan tubuh dan kesehatan organ pencernaan.

 

Tape singkong atau peuyeum merupakan makanan tradisional khas daerah Jawa Barat yang terbuat dari fermentasi singkong. Proses fermentasi singkong dengan ragi membuat rasa tape menjadi manis, sedikit asam dengan aroma alkohol ringan.

 

Tape singkong memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Setiap 100 gram tape singkong, terkandung sekitar 169 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti:40 gram karbohidrat,57 gram air, 2 gram serat,21 mg kalsium,34 mg fosfor,1,4 gram protein, dan 0,3 gram lemak.

 

Selain berbagai nutrisi di atas, manfaat baik tape singkong juga dari vitamin yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin C dan vitamin B12. Kandungan vitamin pada tape singkong tersebut meningkat berkat proses fermentasi.

 

Berikut kami rangkum 7 Manfaat Tape Singkong untuk kesehatan.

1. Membuat Energi Meningkat

Mengkonsumsi tape juga dapat meningkatkan energi bagi tubuh. Sebab tape singkong miliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Bahkan, kandungan karbohidrat pada singkong hampir setara dengan seporsi nasi

 

2.Menjaga Daya Tahan Tubuh

Konsumsi makanan berfermentasi, seperti tape, dapat membantu usus  memecah makanan dan meningkatkan kadar probiotik yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena sebagian besar faktor yang memben tuk imunitas tubuh dapat ditemukan di usus. Sistem pencernaan yang sehat mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sumber: