6 Manfaat Ikan Nila Untuk Kesehatan, Mulai Dari Menjaga Berat Badan Hingga Meningkatkan Kesehatan Tulang

6 Manfaat Ikan Nila Untuk Kesehatan, Mulai Dari Menjaga Berat Badan Hingga Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ikan nila. Foto Arka Tuni--

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Tidak hanya sekadar lauk pauk pelengkap hidangan makanan saja. Namun ikan air tawar yang satu ini mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Ikan nila ini mengandung banyak vitamin dan berbagai nutrisi lainnya. Sehingga dengan mengonsumsi ikan ini dapat menjaga tubuh agar tetap sehat.

Disamping itu juga, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang sering di konsumsi di Indonesia. Termasuk di Kabupaten Tanggamus, Lampung. 

Ikan nila ini memiliki banyak jenis, namun yang paling umum ditemui adalah nila hitam dan nila merah. Soal rasa, ikan ini tak perlu diragukan lagi, tergantung cara olahannya dan saat ikan ini banyak dimintai.

Lantas apa saja manfaat ikan nila untuk kesehatan? 

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ikan nila dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, ikan nila ini memiliki protein yang tinggi, namun rendah kalori dan lemak.

Sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi asupan kalori harian dan tetap memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. 

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat lainnya adalah, Ikan ini mengandung mineral yang menonjol yaitu fosfor. Mineral tersebut penting bagi kesehatan manusia karena berperan penting terhadap perkembangan dan pertumbuhan materi tulang. 

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ikan nila juga dikenal mengandung asam lemak baik yaitu omega-3. Kandungan tersebut bermanfaat dan sering dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam sistem kardiovaskular manusia. 

Asam lemak omega-3 dalam ikan nila juga dapat membantu mencegah aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Kalium yang ditemukan dalam ikan nila juga merupakan vasodilator dan mengurangi tekanan darah yang merupakan dorongan tambahan untuk kesehatan jantung. 

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Sumber: