Jangan Salah Lagi, Ini Lambang Tanggamus Yang Benar Sesuai Perda

Jangan Salah Lagi, Ini Lambang Tanggamus Yang Benar Sesuai Perda

Lambang resmi Kabupaten Tanggamus--

RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID--Penggunaan lambang Kabupaten Tanggamus ternyata masih ada yang salah. Khususnya mengenai komposisi warna.

Lambang Kabupaten Tanggamus sendiri telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 tahun 1997 tentang lambang daerah kabupaten daerah tingkat II Tanggamus 

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Tanggamus, www.tanggamus.go.id, lambang dan Maskot Tanggamus terdiri dari lambang daerah berbentuk perisai bersegi lima, menggambarkan kesanggupan masyarakat Kabupaten Tanggamus mempertahankan citra dan membina pembangunan daerah yang didiami oleh beberapa unsur golongan masyarakat yang berdasarkan Pancasila.

BACA JUGA:Dewan Upayakan Pembangunan Tower Seluler di Pekon Tulungasahan

Pada Lambang Daerah dibagian atas bertuliskan TANGGAMUS berwarna merah dengan dasar putih Garis tepi yang melingkari Lambang Daerah berwarna kuning.

Warna hijau melambangkan kesuburan, Warna kuning melambangkan kemuliaan dan kemakmuran,warna merah melambangkan tekad masyarakat untuk membangun daerahnya.

Didalam lambang daerah bagian atas terdapat siger khas Lampung Pesisir Adat Saibatin. Siger berwarna kuning keemasan dengan (tujuh) buah mahkota merupakan ciri khas pakaian adat Lampung Pesisir Adat Saibatin.

BACA JUGA:Bupati Tanggamus Sebut BUMdes Penting. Setiap Pekon Wajib Dibentuk

Gunung Tanggamus yang dijadikan sebagai nama kabupaten, melambangkan Kabupaten Tanggamus yang potensial sebagai salah satu andalan daerah Lampung.

Laut dan pulau adalah gambaran dari Teluk Semangka dan Pulau Tabuan, merupakan kebanggaan masyarakat daerah ini, sekaligus potensi kekayaan alam sumber pendapatan para petani, nelayan. 

Sedangkan Pulau Tabuan merupakan satu-satunya pulau yang ada di wilayah Kabupaten Tanggamus.

BACA JUGA:Top! Pemkab Tanggamus, Raih Tiga Prestasi di Ajang BKN Award 2023

Ragkaian daun dan buah kopi serta padi yang pada tangkainya Siwokh terhunus sebagai senjata khas tradisional.

Siwokh adalah merupakan senjata khas tradisional masyarakat Lampung Pesisir, melambangkan bahwa Kabupaten Tanggamus Tentram, Aman, Terkendali di bidang pertahanan dan keamanan.

Sumber: