Peringati WDC, DLH Bersih-bersih Pantai

Peringati WDC, DLH Bersih-bersih Pantai

Ist. Radar Lamsel - Jajaran DLH Lamsel melaksanakan aksi bersih WDC Tahun 2023 di Pantai Setigi Heni, Kecamatan Rajabasa, Jum’at (22/9/2023).--

RAJABASA, RADADARLAMSEL.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan ikut ambil bagian dalam peringatan Word Clean Day (WDC) Tahun 2023. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lamsel melakukan aksi bersih di Pantai Setigi Heni, Desa Canggung, Kecamatan Rajabasa, Jum’at (22/9/2023).

Plt. Kepala DLH Lamsel, Yudiuz Irza menegaskan, aksi bersih lingkungan dalam kegiatan WDC ini menindaklanjuti Surat Edaran Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah Dan Bahan Berbahaya Dan Beracun Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Nomor : S.538/PSLB3/PUS/plb2/9/2023, Tanggal 1 September 2023 Tentang Dukungan Kegiatan Aksi Bersih Word Cleanup Day (WCD) Tahun 2023. 

“Dalam surat itu meminta kepada jajaran ASN termasuk Perguruan Tinggi, Kepala Sekolah, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka melaksanakan aksi gotong royong serentak. Kegiatan itu bisa dilaksanakan mukai 16-22 September 2023,” ungkap Yudiuz kepada Radar Lamsel, Minggu (24/9/2023).

Dia menjelaskan, dalam akai ini dilaksanakan pemilahan sampah yang bernilai untuk dijual atau diserahkan kepada Bank Sampah. Tempat Pengolahan Sampah dengan Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle), Pemulung dan sejenisnya sebagai simbol sirkulasi ekonomi sampah.

BACA JUGA:Siap Ikut Desa Bebas Stunting Award 2023

“Jadi, kami sebagai koordinator akan melaporkan kegiatan ini ke DLH Provinsi Lampung. Sebagai bentuk partisipasi kongkret ikut ambil bagian dalam WDC 2023,” terangnya.

Dia berharap, melalui kegiatan tersebut bisa membiasakan diri kita untuk selalu menciptakan hidup bersih. Sehingga, tercipta lingkungan yang sehat dan bebas dari sampah berbahaya.

“Kedepan semoga kegiatan ini bisa menjadi rutinitas kita. Dan melalui kegiatan ini bisa membawa dampak positif bagi daerah,” pungkasnya. (*) 

Sumber: