6 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Mulai Dari Menghilangkan Nyeri Hingga Membantu Menurunkan Berat Badan

6 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Mulai Dari Menghilangkan Nyeri Hingga Membantu Menurunkan Berat Badan

Jahe merupakan salah satu tanaman rempah yang banyak digunakan sebagai bahan obat. Foto ilustrasi pixabay--

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat yang sudah sejak lama digunakan untuk bahan pembuat jamu dan obat tradisional.

Tidak hanya digunakan sebagai rempah penyedap rasa masakan. Namun, jahe juga mengandung gingerol, senyawa bioaktif yang sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Banyak manfaat yang dihasilkan jahe terutama masala kesehatan. Seperti, sakit perut, mual-mual, pusing karena vertigo, hingga mengurangi sakit akibat nyeri haid serta nyeri sendi dan rematik.

Disamping itu juga, jahe dinilai dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. Serta membantu menurunkan berat badan hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Dirangkum dari berbagai sumber, Berikut manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

1.Mencegah kanker 

Manfaat jahe untuk kesehatan telah lama dipelajari sebagai pengobatan alternatif untuk beberapa jenis kanker. 

Sifat anti kanker dikaitkan dengan gingerol, yang ditemukan dalam jumlah besar pada jahe mentah. 

Ada beberapa bukti, meskipun terbatas, bahwa manfaat jahe mungkin efektif melawan kanker gastrointestinal lainnya seperti kanker pankreas dan kanker hati.

2. Menghangatkan Tubuh.

Jahe sudah digunakan sejak lama sebagai bahan obat herbal untuk menghangatkan tubuh.  Jadi pada saat anda kedinginan atau tidak enak badan, seperti saat pilek atau flu, minuman jahe kerap dijadikan pilihan. 

Pasalnya, jahe ini diyakini dapat membantu merangsang sirkulasi darah dan meningkatkan suhu tubuh, sehingga dapat mengurangi gejala rasa dingin pada tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya digunakan sebagai rempah penyedap masakan saja. Namun,  jahe juga dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan berat badan.

Sumber: