Kapan Pimpinan DPRD Tanggamus Defenitif Dilantik,Begini Penjelasan Ketua DPRD Sementara

Kapan Pimpinan DPRD Tanggamus Defenitif Dilantik,Begini Penjelasan Ketua DPRD Sementara

Gedung DPRD Tanggamus. Foto dok Radar Tanggamus --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanggamus periode 2024-2029 sampai saat ini belum memiliki pimpinan defenitif pasca dilantik Senin 19 Agustus lalu.

Saat ini DPRD Tanggamus masih dipimpin oleh Ketua DPRD Sementara yang dijabat, Didik Setiawan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Wakil Ketua DPRD Tanggamus sementara,M.Rangga Putra Hakim dari Partai Gerindra.

Berdasarkan desas-desus, pelantikan pimpinan DPRD Tanggamus defenitif dijadwalkan Selasa 8 Oktober 2024 melalui rapat paripurna pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD, namun hingga Selasa sore tidak ada agenda tersebut.

Ketua DPRD Tanggamus sementara,Didik Setiawan membenarkan bahwa tidak ada agenda rapat paripurna pelantikan dan pengucapannya sumpah janji pimpinan defenitif DPRD Tanggamus pada Selasa 8 Oktober 2024.

BACA JUGA:Sah,45 Anggota DPRD Tanggamus 2024-2029 Resmi Dilantik,Didik Setiawan Ketua DPRD Tanggamus Sementara

BACA JUGA:Orientasi Pendalaman Tugas Rampung,45 Anggota DPRD Tanggamus Siap Jalankan Tupoksi

"Hari ini memang tidak ada jadwal rapat paripurna pelantikan dan pengucapan sumpah janji pimpinan defenitif DPRD Tanggamus, karena undangannya juga belum dibuat,"ujar Didik.

Diungkapkan Didik bahwa, belum dilakukannya pelantikan dan pengucapannya sumpah janji pimpinan DPRD Tanggamus karena ada proses administrasi yang harus dilalui.

"Surat yang sudah masuk untuk wakil ketua I dan wakil ketua II,kalau kemarin surat masuk untuk Ketua DPRD dan wakil ketua III. Surat masuk itu selanjutnya diproses dan dikirim ke Biro Otda Setdaprov Lampung,"ujarnya.

Dijelaskan Didik bahwa pelantikan dan pengucapan sumpah janji pimpinan defenitif DPRD Tanggamus direncanakan berbarengan, artinya semua unsur pimpinan dilantik di waktu bersamaan.

"Pelantikan dan pengucapan sumpah janji ini kan mengundang banyak pihak terdiri dari jajaran Forkopimda dan seluruh OPD. Jadi biar kesannya elok saja. Misal dilantik hari ini wakil ketua I dan wakil ketua II, lalu selang tiga hari pelantikan ketua dan wakil ketua III,kalau terpisahkan kesannya tidak elok,"terang Didik.

Selain itu,kata Didik alasan agar pelantikan pimpinan DPRD dilakukan berbarengan adalah demi efektivitas anggaran."Kan sekarang situasi lagi begini, kita berbicara efektivitas anggaran.Kalau bisa diserentakan empat pimpinan DPRD dilantik pada hari yang sama tentu anggaran jadi lebih efektif,"kata politikus PDIP itu.

Didik juga membantah apabila disebut adanya tarik ulur dalam proses pelantikan pimpinan defenitif DPRD Tanggamus.

"Kalau tarik ulur itu nggak ada. Ada poin-poin yang harus dipertimbangkan yaitu asas efesiensi dan asas kebersamaan.Saat ini kan masih berproses di Otda Setdaprov Lampung. Kalau sudah penomoran SK,barulah kita jadwalkan pelantikan, kemungkinan Minggu depan sudah dilakukan pelantikan pimpinan defenitif DPRD Tanggamus,"ungkapnya.

Sumber: