Bupati: Satlinmas Ujung Tombak Terwujudnya Situasi Kamtibmas Aman dan Kondusif

Bupati: Satlinmas Ujung Tombak  Terwujudnya Situasi Kamtibmas Aman dan Kondusif

Bupati Tanggamus, Lampung Hj Dewi Handajani menyematkan tanda peserta sosialisasi Satlinmas, Rabu 12 Juli 2023. Foto Diskominfo --

 

"Saat ini kita berada pada tahapan pemilu 2024, pileg dan pilpres yang berlangsung 14 Februari 2024. Satlinmas memiliki peranan penting dalam pemilu ini, sehingga persiapan demi persiapan sebelum pemilu harus dilakukan,"tandasnya. 

 

Sementara itu, Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandr mengatakan, kendati berbagai upaya telah dilakukan guna mewujudkan Kamtibmas baik itu oleh TNI, Kepolisian, jajaran pemerintah, kejaksaan serta seluruh aparat hukum terkait lainya akan sia sia jika tidak ada dukungan dari komponen masyarakat.

 

"Karena apa?, karena ada sebuah teori yang menyatakan bahwa terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman, kondusif serta stabil berawal dari peran serta masyarakat itu sendiri,"ajak Kapolres.

 

Peranan Linmas lanjutnya, tidak bisa dipandang sebelah mata. Bukan hanya semata perangkat pelengkap jajaran pemerintahan di tingkat desa ataupun kecamatan saja, akan tetapi menjadi pondasi yang memilikinya peranan sangat penting membantu penegak hukum.

 

"Melalui Linmas ini, situasi terkini di lingkungan dan bagaimana cara untuk mengatasi situasi dapat kita atasi, terlebih seiring dengan perkembangan zaman sehingga masyarakat dapat mengakses informasi dalam waktu singkat,"urainya.

 

Sementara itu, Nashur mewakili Plt Kasatpol PP Alkat Alamsyah menjelaskan dalam laporannya, kegiatan sosialisasi ini, akan dilaksanakan di 20 Kecamatan di Kabupaten Tanggamus, melibatkan 1.200 satuan perlindungan masyarakat dari 299 pekon/desa dan 3 kelurahan.

 

"Hari ini, dilaksanakan untuk tiga kecamatan Yakni Kotaagung, Kotaagung Barat, dan Kotaagung Timur, setiap kecamatan 60 personil, jumlah keseluruhan yang ikut serta 180 personil, dengan narasumber dari Kodim Tanggamus, Polres dan Satpol PP,"tandasnya. 

 

Sumber: