Pesisir Tanggamus Paling Tercemar Limbah Hitam

Pesisir Tanggamus Paling Tercemar Limbah Hitam

Petugas gabungan terdiri dari Dinas LH Provinsi Lampung,Dinas LH Tanggamus,TNI/Polri dan masyarakat bahu membahu membersihkan limbah hitam di pesisir pantai Kabupaten Tanggamus, beberapa hari yang lalu. Foto dok Dinas LH Tanggamus--

 

Selanjutnyua, setelah dilakukan pembersihan wilayah pesisir ini pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) guna mengambil sampel limbah untuk pengujian laboratorium secara fingerprint.

BACA JUGA:DLH Tanggamus Belum Terima Laporan Dampak Limbah Hitam di Pesisir Teluk Semangka

 Untuk hasil yang diperoleh dari pengujian laboratorium ini menurutnya cukup lama, karena Provinsi Lampung sendiri belum memiliki alat penunjang untuk melakukan uji lab limbah semacam ini. 

 

"Yang jelas untuk limbah sudah selesai bersih-bersihnya di tiga lokasi,” ungkapnya.

 

Dia juga belum bisa memastikan asal sumber limbah yang mencemarkan wilayah pesisir pantai di Lampung ini atau siapa yang bertanggungjawab.

 

 Dalam hal ini, pihaknya akan mengedepankan asas praduga tak bersalah. Untuk pelakunya baru bisa diungkap setelah ada hasil uji lab fingerprint. Dia juga mendorong pihak penegak hukum untuk melakukan penindakan terhadap pihak-pihak yang diketahui melakukan pencemaran wilayah perairan di provinsi ini. 

BACA JUGA:Adanya Limbah Hitam di Pesisir Pantai Tanggamus,Anggota DPRD Lampung Mukhlis Basri Desak Dilakukan Investigasi

"Yang jelas, tim begitu ada kejadian, khususnya ada pencemaran limbah ini, termasuk B3 yang perlu ada penanganan khusus, sudah menindaklanjuti. Kalaupun siapa pelakunya nanti kita tunggu hasilnya,” tambahnya.

 

Terkait adanya temuan limbah hitam di tiga pesisir wilayah Lampung ini, Kementerian LHK sudah datang dan membuat surat ke DLH Lampung terkait pemberian sanksinya.

 

Sumber: