FIFGroup Dukung Tim Pendampingan Keluarga se Kota Padang

FIFGroup Dukung Tim Pendampingan Keluarga se Kota Padang

Pemkot Padang Berikan Sertifikat penghargaan kepada FIFGroup, atas dukungan dalam program pendampingan keluarga stunting.Foto Ist--

Tim yang dibentuk nantinya akan melakukan pendekatan terhadap keluarga yang beresiko stunting, dengan kegiatan yang meliputi antara lain penyuluhan dann memfasilitasi pelayanan rujukan.

Memfasilitasi penerimaan bantuan sosial kepada calon pengantin atau calon Pasangan usia Subur (PUS), ibu hamil, ibu pasca persalinan dan anak usia 0-59 bulan. Tim juga nantinya akan melakukan surveilan untuk mendeteksi secara dini faktor-faktor yang resiko penyebab stunting. 

Untuk tim pendamping yang dibentuk terdiri dari Bidan, Kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Kader Keluarga Berencana (KB). Komposisi tim pendamping keluarga dapat disesuaikan, sesuai dengan kondisi nantinya di lapangan. Bisa bekerjasama dengan bidan desa lain serta dapat melibatkan perawat atau tenaga kesehatan lainnya.

Berdasarkan data yang ada, untuk wilayah Kota Padang terdapat kurang lebih 1.500 anggota TP PKK yang menjadi garda terdepan percepatan penurunan stunting, dengan telah dibekali pengetahuan melalui Bimbingan Teknis dan Rapat Koordinasi (Rakor) secara berjenjang. Rompi dan topi yang digunakan anggota TPK bertujuan untuk menjadi ciri serta identitas dari setiap anggota dalam menjalankan kegiatannya.

FIFGroup sendiri terus berinisiatif mendukung program pemerintah Indonesia melalui program FIFGROUP Sehat, yaitu dengan mendeteksi keberadaan anak-anak terdampak stunting untuk didata dan dijadikan calon penerima bantuan makanan sehat. Juga menciptakan kader-kader, yang harapannya nanti dapat turut membantu memonitoring lebih lanjut perkembangan dari anak-anak berkekurangan nutrisi dan ibu hamil yang telah diberikan bantuan.

FIFGROUP Peduli Stunting dilakukan selama 2023 dengan terbagi menjadi 3 tahap dalam pemberian makanan sehat dan vitamin.

Dimana setiap tahap akan dilaksanakan di 3 titik dengan target masing-masing 50 anak kurang gizi dan 50 ibu hamil, sehingga total dari keseluruhan program ini adalah 150 anak kurang gizi dan 150 ibu hamil. Dalam tiap tahapnya, kantor cabang FIFGroup akan membantu memantau perkembangan anak berdasarkan bantuan yang diberikan.(*) 

Sumber: