Ngeri! Ratusan Hektar Gunung Tanggamus Beralih Fungsi. Ini Ancamannya

Ngeri! Ratusan Hektar Gunung Tanggamus Beralih Fungsi. Ini Ancamannya

Nampak terlihat dari kejauhan gunung tanggamus yang beralih fungsi. Foto net--

hutan lindung register 30 saat ini membutuhkan penanganan yang serius, karena mengalami kerusakan yang sangat parah dan dapat dibilang cukup kritis.

 

"Pemerintah harus mengambil sikap yang tegas sebelum bencana besar datang. Hutan Tanggamus sudah berubah menjadi ladang sayuran,"katanya. 

 

Menurutnya, hutan Gunung Tanggamus ini sangat butuh perawatan dan pelestarian yang ektra jangan di biarkan saja, karna akan menjadi bom waktu kedepannya, 

 

berupa banjir dan longsor."Tidak bisa dipungkiri kejadian banjir di Gisting beberapa waktu lalu dampak dari hutan gundul,"ujarnya. 

 

Rohim menjelaskan, jika dilihat lebih dekat memang kondisi Tanggamus sudah mengkhawatirkan. Bahkan ada ratusan hektar yang berubah fungsi.

 

“Kerusakan hutan tidak hanya berdampak pada ekosistem hutan saja. Tapi juga berdampak terhadap sumber mata air dan cuaca secara global, serta bencana banjir dan longsor mengintai,"terangnya.

 

Rohim melanjutkan, pemerintah jangan hanya mengadakan program penanaman reboisasi, tapi juga harus ada program perawatan. (*)

 

Sumber: kaki gunung